Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Motivation / Motivasi Diri, Inilah 10 Alasan Anda Gagal Melakukannya

Motivasi Diri, Inilah 10 Alasan Anda Gagal Melakukannya

Sudah beberapa kalikah anda telah bilang pada diri anda sendiri contoh  “Saya harus hidup sehat” sebagai motivasi diri, namun berakhir dengan kegagalan ditengah jalan atau mungkin anda tidak melakukannya sama sekali. Itu karena tidak cukup termotivasi untuk melakukannya, anda malah melakukan hal-hal lain yang bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan tujuan anda.

Motivasi diri

Inilah 10 alasan mengapa orang gagal memotivasi diri sendiri. Beruntungnya anda tidak sendiri, jutaan orang mengalami hal yang sama, Mari kita cara untuk membalikkan semua itu sehingga anda termotivasi secara konsisten:

1. Anda hanya melihat serta memperhitungkan hal buruk yang akan terjadi:
Biasanya pribadi yang tidak termotivasi memiliki rasa pesimis dalam melihat kesempatan mereka untuk sukses. Psikolog melabeli dengan low level self efficacy, dimana kemampuan bawaan mereka untuk mempengaruhi hasil sebuah pekerjaan. Kunci agar tetap termotivasi adalah dengan selalu mengevaluasi kemampuan diri serta tantangan kedepan. Kadang hal yang susah sangat berguna menjadikan kita lebih baik. Disaat anda sudah dalam keadaan mental seperti ini maka anda akan lebih cenderung melamun dan melakukan hal yang tidak produktif.
2. Anda lupa akan keuntungan dan imbalan:
Mereka yang tidak termotivasi selalu berkecil hati pada saat dihadapkan dengan tantangan. Mereka berpikir darah, keringat dan air mata yang dihadapi untuk mencapai hal itu. Mereka lupa bahwa ada keuntungan jangka panjang serta imbalan yang akan diperoleh

3. Tujuan dan pencapaian yang tidak realistis:
Dalam dunia bisnis tujuan yang terukur merupakan bagian dari jalur sukses anda dan meningkatkan motivasi diri anda. Untuk pendekatan yang lebih baik bagilah project anda menjadi bentuk tantangan yang kecil dimana kita dapat melihat hasilnya segera

4. Ketidaktahuan bahwa motivasi diri dimulai dari kebiasaan kecil:
Buku bagus milik Stephen Guise yang berjudul Mini Habits: Smaller habits, Bigger Result. Ide dari buku ini adalah dengan melatih kebiasaan kecil terlebih dahulu yang lambat laun menghasilkan kemajuan. Contohnya seperti Bangun pagi dengan waktu yang sama, berolahraga selama 15 menit setiap hari. Dengan kekuatan kebiasaan pribadi yang telah anda bentuk untuk mencapai tujuan.

5. Tidak berani mengambil kesempatan:
Cobalah lihat orang tidak memiliki motivasi sering mengatakan bahwa ia tidak pernah beruntung. Kebenarannya bahwa mereka tidak pernah berani mengambil kesempatan yang telah diberikan untuk sukses, makmur dan bahagia. Kuncinya bahwa banyak kesempatan yang ada diluar dan menunggu untuk diambil.

6. Tidak memiliki kemauan bekerja keras:
Mereka cenderung melihat imbalan yang akan diperoleh meski belum melakukan apa-apa. Ingin mendapat kepuasan atau imbalan segera. Akses internet juga menjadi pengganggu mereka. Sebuah studi menemukan bahwa kebanyakan orang yang tidak termotivasi menghabiskan waktu di sosial media sebesar 64%.

7. Sering menyalahkan keadaan ataupun orang lain:
Selalu melimpahkan kepada orang lain saat mereka tidak mendapat hasil yang diinginkan. Kenyataannya bahwa anda tidak bisa mengontrol orang lain baik apa yang mereka lakukan atau pikirkan. Dengan menyadari kesalahan anda maka akan lebih mudah menganalisa apa penyebabnya sehingga tidak melakukan hal yang sama.

8. Tidak tahu cara membagi waktu secara bijaksana:
Orang tanpa motivasi lebih cenderung untuk membuang waktu. Mereka tidak bisa membuat jadwal secara efisien. Disaat anda bisa menaklukkan masalah pembagian waktu maka anda akan lebih termotivasi. Cara yang terbaik tetap termotivasi, mengenai waktu, melakukan perulangan pada diri anda. Cuma anda yang mengontrol waktu anda dan buka orang lain.

9. Tidak percaya memiliki talenta:
Mereka berpikir tidak memiliki talenta dan kreatifitas maka ia melakukan sabotase terhadp diri sendiri. Berkonsentrasilah pada kelebihan yang anda miliki bukan pada kekurangan. Jika ada skill yang kurang namun sangat penting bagi tujuan anda belajarlah dan latih setiap hari.

10. Ketergantungan pada sosial media:
Orang yang tidak termotivasi selalu menghabiskan waktunya pada sosial media. Dan studi membuktikan bahwa pelajar yang sering menggunakan sosial media memunculkan efek negatif seperti fakta mengurangi kreatifitas, kurangnya keterampilan menulis, hilangnya konsentrasi.

Pada umumnya orang cenderung berkurang motivasi diri saat melihat kesuksesan orang lain dan memamerkannya di sosial media. Kedewasaan anda akan terlihat saat anda berhenti mem-posting setiap detil kehidupan anda di platform sosial media.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.