Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / 21 Wanita Tawanan Boko Haram Dari Sekolah Chibok Dibebaskan

21 Wanita Tawanan Boko Haram Dari Sekolah Chibok Dibebaskan

Nigeria – Setelah melakukan segala perundingan pembebasan 2 tahun lalu akhir,21 tawanan boko haram dari sekolah wanita chibok dibebaskan, namun Masih ada 197 gadis yang masih ditawan, dan belum didapatkan info berapa jumah yang telah meninggal.

Tawanan Boko Haram

Pembebasan para gadis ini, adalah hasil dari negosiasi antara pemerintah dan pemberontak boko haram yang difasilitasi oleh Palang Merah Internasional dan pemerintah swiss. Dan negosiasi masih akan berlangsung sampai seluruh gadis itu dibebaskan

“Kami sangat bahagia dan bersyukur” ujar Gerakan Bring Back Our Girls di akun facebooknya. Gerakan ini mengkampanyekan pembebasan sandera wanita boko haram.

Pemberontak boko haram telah lama menawarkan pembebasan para sandera wanita ini dengan pertukaran dengan pimpinan mereka yang sedang ditahan, namun sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai masalah tersebut. Palang Merah International telah mencoba melakukan pertukaran ini tapi mendapatkan jalan buntu.

Menteri Penerangan Nigeria, Lai Mohammed mengatakan pada bulan lalu negosiasi itu berakhir ketika pemberontak Boko Haram minta tebusan uang senilai 5,2 milyar dolar untuk pembebasan para sandera.

Penculikan atas 276 gadis pada sekolah khusus wanita di chibok dan menjadi tawanan boko haram, timur laut nigeria  terjadi pada april 2014. Kegagalan pemerintah nigeria dalam pembebasan para sandera wanita itu menimbulkan kecaman dunia dan membuat kelompok pemberontak boko menjadi perhatian dunia. Puluhan wanita sandera itu telah mencoba melarikan diri dari kawanan pemberontak namun banyak dari mereka yang hilang.

Pada bulan mei, seorang gadis yang bernama Amina Ali Nkeki berhasil membebaskan diri. Ia mengatakan kepada keluarganya beberapa gadis yang telah diculik meninggal akibat sakit dan lainnya telah menikah dengan para pemberontak boko haram  dan hamil ataupun telah memiliki bayi.

Sejak itu nkeki berada dalam perlindungan kami dan dirahasiakan keberadaannya oleh pemerintah nigeria dimana ia mendapat perawatan medis serta penyembuhan akibat trauma yang dialami. Atas pengisolasian ini pemerintah mendapat kritikan tajam dan Kelompok gerakan Bring Back Our Girl serta hak asasi manusia telah menanyakan kepada pemerintah nigeria, apakah nkeki telah menjadi tahanan pemerintah nigeria.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.