Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Entepreneur / 4 Tips Meningkatkan Personal Branding Dengan Konten Marketing

4 Tips Meningkatkan Personal Branding Dengan Konten Marketing

4 Tips Meningkatkan Personal Branding, Apakah anda seorang newbie dalam bidang motivator, trainer ataupun software developer ?. Sangatlah mudah saat ini untuk menjadikan anda seorang yang dikenal dengan melalui konten marketing sebagai salah satu cara personal branding.

4 Tips Meningkatkan Personal Branding Anda Dengan Konten Marketing

Konten marketing dapat anda lakukan dengan meng-share artikel, video atau podcast anda ke dalam platform digital media yang sudah ada atau anda bisa dengan membuat website sendiri. Pada dasarnya dengan memiliki platform(website) sendiri anda akan lebih mudah untuk mengaturnya dan menganalisa sendiri kekurangannya dan kemudian memperbaikinya sendiri.

Sebelum anda membuat konten marketing ini, buatlah terlebih dahulu rencana ataupun strategi yang solid. Lebih dari 50% konten marketer yang mendokumentasikan secara efektif konten marketingnya lebih berpeluang berhasil meningkatkan brand awareness dibanding dengan tanpa strategi yang jelas dan hanya sekitar 5%. Dengan konten marketing yang bermanfaat baik itu dalam artikel maupun chanel video dalam penyalurannya, maka orang akan mulai mengenal anda.

Gunakan 4 tips meningkatkan personal branding anda agar mampu lebih banyak dikenal orang melalui pengunjung website atau chanel anda:
1. Buatlah konten yang sangat bermanfaat bagi pengunjung website anda.
Tentukan target audience yang ingin anda ingin jangkau, kemudian temukanlah passion anda yang masih berhubungan dengan pekerjaan anda secara profesional. Atau buatlah tutorial tentang skill baru yang anda kuasai pada pengunjung website anda terutama dalam format video. Dengan tutorial yang efektif dan berguna maka dapat meningkatkan kunjungan ke website ataupun chanel anda.

Jangan terlalu sering mempromosikan diri anda sendiri baik itu dalam format digital ataupun seminar/workshop. Pikirkanlah apa yang diinginkan oleh para pengunujung website anda terlebih serta membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan dibidangnya. Berilah 4 pertanyaan dibawah pada diri  anda sendiri untuk menggali ide yang akan anda tuangkan kedalam format digital:

  • Ahli dibidang apakah anda sebenarnya ?
  • Apa format digital yang tepat untuk membagi pengetahuan anda ini ?, dengan membuat artikel, video atau infografik yang memudahkan user anda mengerti.
  • Apakah konten ini akan lebih bermakna kepada user anda bila langsung melakukan interview kepada orang yang lebih pakar dibidangnya ?.
  • Bagaimana membuat konten yang mudah untuk diakses ?, mungkin dengan membuat aplikasi khusus?.

Dengan tidak berfokus pada diri anda sendiri, akan memberikan feedback yang positif pada brand anda. Sehingga pada saat anda menawarkan jasa anda orang akan lebih tertarik untuk membeli produk anda.

2. Tawarkan guestblogging di website anda.
Temukan beberapa orang yang potensial dan expert dalam bidang yang sama untuk menjadi tamu dalam blog anda dengan berbagi artikel ataupun video milik mereka sehingga jaringan anda semakin kuat. Atau tawarkan kepada pengunjung anda untuk berbagi mengenai pengalaman mereka sendiri yang berhubungan dengan target audience anda.

3. Menjadi guestblogging pada website lain yang memiliki topik yang relevan.
Anda juga bisa mengajukan tawaran untuk menjadi guestblogging pada platform mereka. Dengan ini anda telah membuat backlink yang kuat dan meningkatkan ranking website anda dimata search engine.

4. Buatlah profile yang jujur dan menarik pada pelbagai social media yang anda.
Konten marketing tanpa pengunjung merupakan pekerjaan yang sia-sia dan membuang waktu saja. Oleh karenanya gunakanlah social media yang anda dan pilihlah yang tepat untuk membagikan konten marketing anda. Gunakanlah kata kunci yang banyak dicari pada search engine pada saat mempromosikan konten anda.

Gunakanlah social media sebagai sarana mendapatkan feedback dari para pembaca anda melalui diskusi dalam bentuk komentar ataupun share serta anda dapat menawarkan produk anda dengan memberikan call to action atau no yang bisa dihubungi. Bagikan topik yang relevan kepada audience yang mirip dengan target anda sehingga mereka tidak terasa terganggu dengan postingan anda.

Konten marketing yang dianggap berhasil apabila konten marketing anda memberikan nilai lebih pada pengunjung anda. Dengan berfokus dulu pada proses membantu pengunjung anda maka 4 Tips Meningkatkan Personal Branding akan sangat membantu anda.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.