Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Wellness / Alergi kulit, Bagaimana Cara Atasi Dan Mencegahnya

Alergi kulit, Bagaimana Cara Atasi Dan Mencegahnya

Jika anda memiliki kulit yang sensitif atau mudah mengalami alergi kulit, maka anda perlu peduli saat melaksanakan tugas ataupun pekerjaan rumah tangga. Bisa jadi anda akan mungkin terkena alergi ini yang lebih, jika kulit anda bersentuhan dengan peralatan rumah tangga yang mengandung bahan kimia seperti pembersih lantai detergen atau lainnya.

Alergi kulit: Penyebab dan Gejalanya

 

Alergi ini dapat mudah sekali dilihat dengan mata terutama pada kulit tangan anda, apabila itu terjadi maka dipastikan bahwa kandungan bahan kimia yang terkandung dalam peralatan rumah tangga anda penyebab terjadinya alergi .

Mula-mula telapak tangan akan terasa gatal kemudian anda garuk sehingga menimbulkan iritasi pada kulit sehingga akan menimbulkan warna merah kemudian melepuh dan luka.

ini ciri khas apabila kulit anda tidak cocok dengan bahan kimia tertentu, saat itulah anda tersadar apakah yang menjadi penyebabnya.

Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit wajah kita juga dapat menyebabkan alergi diwajah, serta memiliki gejala yang mirip seperti bercak merah, gatal dan bengkak, jika hal ini terjadi maka penggunaan kosmetik ini jangan dilanjutkan.

Pada umumnya alergi kulit dapat terjadi dibagian kulit mana saja sebab tidak semua bagian kulit memiliki jenis dan sifat yang sama. maka pandai-pandailah memilih kosmetik yang akan anda gunakan dan sesuaikan dengan jenis kulit anda.

Jika terjadi reaksi alergi kulit pada saat setelah penggunaan kosmetik yang anda pakai, maka kosmetik yang anda gunakan tidak cocok dengan kulit anda. Dan menurut penelitian orang yang menderita alergi kulit memiliki kemungkinan yang kecil untuk mengalami kanker kulit dan payudara.

Apabila seseorang memiliki daya imun yang terlalu aktif akan menjadi pemicu pnyebab yang berbeda-beda seperti: makanan, dengan bahan pengawet juga yang mengandung zat yang menyebabkan alergi, bahan kimia yang terdapat pada bahan cair seperti sabun cuci.

Pada tubuh manusia ada beberapa jenis alergi yang terdapat pada kulit manusia. Seperti alergi terhadap sinar matahari dan gejalanya seperti rasa pusing di kepala ataupun mual.

Perubahan suhu bisa juga menjadi penyebab alergi kulit baik itu suhu yang terlalu panas ataupun suhu dingin. Kemudian alergi pada air atau aquagenic urticaria, untuk perbandingannya bahwa alergi ini diderita oleh 1 orang dari 300 juta orang yang kemungkinan besar dipastikan adanya penggunaan kaporit yang berlebihan.

Solusi untuk mengatasi alergi kulit ini, pada umumnya orang-orang menggunakan bedak atau lotion yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan akibat dari alergi kulit. Penggunaan obat antihistamin yang dikonsumsi juga sangat membantu untuk menghilangkan rasa sakit. Atau menggunakan baju hangat disaat anda berada ditempat yang berhawa dingin.

Mengkonsumsi makanan yang menjadi penyebab terjadinya alergi kulit juga salah satunya, sehingga tubuh bereaksi negatif terhadap makanan yang anda konsumsi.

Anda bisa menggunakan minyak goreng dengan dicampur garam dan dioleskan dibagian tubuh yang mengalami alergi tersebut jika anda khawatir mengkonsumsi obat-obatan.

Faktor penyebab alergi kulit :

1. Alergi kulit akibat faktor genetik

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab dari alergi yang anda derita dan disebabkan faktor gen yang berasal dari orang tua anda sama halnya dengan penyakit diabetes ataupun asma maka yang sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter untuk lebih detail tentang jenis alergi yang anda derita dan apa pantangannya.

2. Alergi kulit akibat makanan laut.

Terutama berhubungan dengan makanan yang anda konsumsi seperti alergi dengan makanan dengan bahan hasil laut, jadi sebaiknya anda hindari untuk mengkonsumsi makanan sebab itulah satu-satunya cara agar alergi kulit anda tidak kambuh lagi. dengan cita rasa yang asin dan berbau amis menjadi pemicu alergi yang terjadi pada tubuh anda.

3. Alergi kulit akibat Debu

Debu merupakan penyebab utama dari berbagai alergi yang berhubungan dengan organ pernafasan anda dan jika anda memiliki keturunan penyakit asma maka debu dapat memperparah kondisi anda atau bisa jadi penyebab munculnya jerawat di wajah anda, ada juga yang sampai mengeluarkan air dari hidung akibat dari bersin dengan frekuensi yang berlebihan. Oleh sebab itu anda harus menjaga kebersihan lingkungan disekitar anda terutama kamar pribadi anda. Jika anda keluar rumah dengan menggunakan roda dua sebaiknya anda menggunakan masker penutup hidung ataupun helm teropong.

4. Alergi kulit akibat Bulu Hewan

Bulu hewan acapkali menjadi penyebab alergi yang diderita oleh manusia oleh sebab itu bagi anda yang pecinta hewan namun memiliki alergi dengan hewan maka sebaiknya anda melindungi diri anda dengan masker dan rutin memberi vaksin juga memandikan hewan peliharaan anda secara rutin tentunya.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.