Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Wellness / Amandel Pada Anak, Bagaimana Gejala dan Penyebabnya

Amandel Pada Anak, Bagaimana Gejala dan Penyebabnya

Peradangan pada tonsil yang terjadi terutama pada anak atau yang umumnya disebut amandel, tonsil sendiri terletak dibagian belakang tenggorokan dan berada dikedua sisinya.  Amandel pada anak apayang menjadi penyebabnya

Amandel pada anak apakah penyebabnya

 

Fungsi utama dari tonsil itu sendiri adalah untuk memberikan bantuan pada sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan pada tubuh dari infeksi yang melalui rongga mulut terutam dengan makanan yang kita konsumsi.

Apabila tonsil anda terinfeksi maka akan bengkak dan membesar berwarna merah, sehingga menghalangi makanan atau minuman yang masuk agar bisa ditelan serta bisa mengurangi nafsu makan penderita sebab akan merasa sakit apabila menelan makanan tersebut.

Virus ataupun bakteri bisa menjadi penyebab terjadinya amandel pada anak anda. Seperti halnya virus influenza sehingga penyebaran dari penyakit amandel ini bisa melalui udara ataupun saat anak anda berbagi makanan dengan teman atau sejawatnya.

Tenggorokan yang mengalami iritasi dan infeksi juga akan menyebabkan pembengkakan pada tonsil. Ada beberapa hal utama penyebab terjadinya amandel pada anak ini diantaranya:

Penyedap makanan:
Makanan dengan rasa gurih dan kriuk saat digigit semua anak pasti menginginkannya, terutama apabila kita membeli makanan diluar rumah kebanyakan mereka menggunakan penyedap untuk menambah cita rasa dari makanan yang dihidangkan.

Gorengan:
Sebenarnya bukan karena gorengan yang menyebabkan amandel namun lebih kepada minyak yang digunakan saat menggoreng apakah minyak itu diganti secara rutin atau menggunakan minyak yang sama dalam jangka waktu yang lama, meskipun gorengan sangat nikmat namun anda juga harus memperhatikan konsumsi makanan anak anda terutama diluar rumah.

Daya tahan tubuh rendah:
Mungkin secara umum jika anda memiliki daya tahan tubuh rendah maka sangat mudah sekali penyakit menyerang tubuh anda

Gejala yang secara umum dapat dilihat adanya gejala amandel pada anak antara lain:
– Sakit tenggorokan akibat iritasi.
– demam tinggi.
– Adanya bercak kuning dan putih di bagian belakang tenggorokan apabila kita buka mulutnya.
– Hidung tersumbat dan batuk.
– Bau mulut

 

Lalu bagaimanakah kita mengobati amandel pada anak ini:
Apabila ukuran tonsil atau amandel itu sendiri masih relatif kecil disaat membengkak maka yang bisa dilakukan dengan menghilangkan penyebab dari penyakit amandel itu sendiri. Namun apabila tonsil atau amandel ini semakin membesar dan terjadi sampai beberapa kali maka perlu dirujuk ke dokter apakah amandel ini dapat disembuhkan atau harus dilakukan operasi untuk menghilangkan amandel ini.

Penderita amandel terutama pada anak-anak membutuhkan banyak istirahat dan nutrisi yang diperlukan, akibat dari amandel ini dimana penderita akan sulit menelan maka dianjurkan untuk memberi asupan nutrisi dan gizi dalam bentuk yang lembut seperti bubur atau makanan yang di jus.

Ada beberapa alternatif dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa orang tua buat sendiri dengan mudah diantaranya:

Jeruk Nipis.
Buatlah perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat apabila anak tidak suka rasa asam yang ditimbulkan oleh jeriuk nipis ini maka anda boleh mencampurkan madu didalam seduhan jeruk nipis tadi.

Daun Benalu.
Kriteria dari daun benalu yaitu daunnya tebal, dengan warna hijau dan teksturnya tebal. Caranya dengan merebus daun benalu ini lalu bisa anda campur dengan madu agar tidak terasa pahit.

Buah mengkudu.
Buah mengkudu ini berwarna hijau dan memiliki bintik hitam, bersihkan dahulu buah mengkudu lalu potong kecil-kecil kemudian peras sambil disaring agar didapatkan hasil perasan buah mengkudu ini, anda bisa campur dengan air hangat dan ditambah madu untuk mengurangi rasa pahit yang dihasilkan oleh buah mengkudu ini.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.