Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Tech / Mungkinkah Baterai Bertenaga Bakteri ? Ternyata Ada….

Mungkinkah Baterai Bertenaga Bakteri ? Ternyata Ada….

Para peneliti di Universitas Binghamton, New York telah menciptakan Baterai bertenaga bakteri dalam selembar kertas. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan baterai untuk mikroelektronika yang dapat dipakai selama berminggu-minggu menggunakan cairan bakteri yang kaya.

Baterai bertenaga bakteri
image by Binghamton University

“Teknik manufaktur ini akan sangata mengurangi biaya serta waktu pabrikasi. Serta memiliki desain yang revolusioner atas kegunaan bio-baterai sebagai sumber tenaga listrik di daerah terpencil, bahaya dan memiliki sumber tenaga terbatas”, ujar para peneliti.

Bahan yang digunakan adalah selembar kertas kromatografi dan pita perak nitrat bawah lapisan lilin. Anoda terbuat dari “polimer konduktif pada bagian lain dari kertas” dan reservoir untuk menyimpan cairan kaya bakteri atau bacteria-rich liquid. Serta respirasi selular bertenaga baterai.

Baterai ini mampu mengeluarkan daya sebesar “31,51 microwatt di 125,53 microamps dengan enam baterai dalam tiga seri paralel dan 44,85 microwatts di 105,89 microamps dalam 6 × 6 konfigurasi.” Para peneliti percaya baterai ini dapat menjalankan sensor glukosa, mendeteksi patogen, atau menyimpan elektronik kecil hidup untuk hari tanpa pasokan listrik tradisional.

Lebih menariknya lagi, ternyata ini bukan baterai bertenaga bakteri pertama yang diciptakan oleh para peneliti ini. Tim ini pernah membuat sebuah kertas prototipe pada tahun 2015 lali, dan baterati ini bisa dilipat. Bentuk dari baterai bertenaga bakteri ini terinspirasi dari shuriken yaitu senjata kelompok ninja yang berbentuk bintang.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.