Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Berita Hari Ini Gempa Jepang Serta Berpotensi Tsunami Di Fukusihima

Berita Hari Ini Gempa Jepang Serta Berpotensi Tsunami Di Fukusihima

Jepang – Berita hari ini gempa menghantam timur laut jepang dengan magnitude 6,9 dan berpotensi tsunami. Peristiwa gempa ini menimbulkan gelombang setinggi 1 meter yang menghantam pusat listrik tenaga listrik di fukushima serta kepanikan bagi penduduk sekitar.

berita hari ini gempa

Siaran TV nasional jepang, NHK langsung menyiarkan berita tentang gempa ini dan menghimbau masyarakat sekitar untuk menyelematkan diri ke dataran yang lebih tingggi serta mengingatkan pemirsa belajar atas kejadian tsunami akibat gempa beberapa tahun lalu.

 

Gempa besar bawah laut dengan magnitude 9,0 pernah menghantam jepang pada 2011 lalu dengan korban jiwa 18,500 orang meninggal dan hilang. Gempat tersebut juga menghancurkan pembangkit listrik tenaga listrik Fukushima Daiichi sebagai salah bencana terbesar yang terjadi pada reaktor nuklir.

Secara tidak resmi perusahaan operator nuklir TEPCO dalam konferensinya mengatakan bahwa gelombang dengan tinggi 1 meter menghantam pembatas fasilitas nuklir tersebut namun juru bicara perusahaan mengatakan bahwa tidak laporan kerusakan akibat hantaman gelombang itu.

Puluhan gelombang air laut dilaporkan terjadi di pantai wilayah timur laut jepang, menurut badan meteorologi jepang, namun gelombang ini lebih kecil dari perkiraan gelombang akibat gempa dengan magnitude 6,9.

Berita hari ini gempa yang berpotensi tsunami di fukushima,jepang mengingatkan akan peristiwa tsunami di tahun 2011

Gelombang terbesar dilaporkan terjadi setinggi 1,4 meter menghantam pelabuhan sendai di utara Fukushima, namun pemerintah lokal melaporkan tidak ada kerusakan yang ditimbulkan.

Stasiun televisi nasional jepang, NHK terus memantau dan melaporkan perkembangan gempa ini dengan melalui tulisan bergerak dengan latar belakang warna merah disetiap acara tayangan.

Badan meteorologi jepang mengumumkan adanya potensi tsunami ini setelah 7 jam terjadinya gempa bawah laut.

TEPCO pada laporan awal melaporkan bahwa sistem pendingin air yang berada terpisah dengan reaktor nuklir ini dapat beberapa saat berhenti sebagai respon otomatis jika terjadi tsunami namun kemudian hidup dan beroperasi kembali.

Resiko terbesar akibat tsunami adalah terkontaminasinya air laut yang akan menimbulkan polusi pada lingkungan sekitar. Seperti bencana tsunami di tahun 2011 dimana menimbulkan radiasi di lautan pasifik dan menghancurkan beberapa tempat penangkapan ikan di laut jepang.

Posisi jepang yang secara geografis terletak diatas 4 lempeng gempa tektonik menyebabkan gempa akan terus terjadi tiap tahun walaupun telah dilakukan penerapan teknologi bangunan anti gempa serta terus diadakan latihan keselamatan rutin bagi penduduk saat terjadi gempa.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.