Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Bocor Data Rahasia NSA , Bukti Hacker Rusia Terlibat Pemilu

Bocor Data Rahasia NSA , Bukti Hacker Rusia Terlibat Pemilu

Bocor data rahasia NSA, menunjukkan bahwa hacker milter Rusia beberapa kali mencoba menyerang jaringan sistem pemilu AS pada 2016 lalu. Data rahasia ini dibocorkan oleh wanita yang bekerja sebagai pegawai salah satu rekanan dari ribuan rekanan yang bekerjasama dengan Badan Intelejen AS. Dan dokumen rahasia ini telah bocor selama satu bulan belakangan ini sejak dilaporkan pada hari Selasa (06/06/2017) ini, menjadi perihal memalukan bagi badan keamanan nasional AS atau NSA.

Bocor Data Rahasia NSA

Bocor data rahasia NSA ini dipublikasikan oleh situs berita online  The Intercept yang fokus pada masalah keamanan nasional AS. Data intel menggambarkan adanya operasi serangan cyber dari intelejen Rusia pada perusahaan swasta yang ditunjuk pemerintah AS sebagai penyelenggara pemilu pada 2016.

Seperti dilansir USA Today, Hacker rusia ini beberapa kali mengirim banyak email phising yang berisi malware pada lebih dari 100 tempat pemilihan suara. Serangan hacker dari militer Rusia sangat berpotensi mengancam  integritas dan keabsahan perhitungan suara ini berlangsung selama satu bulan sampai sehari sebelum pemilihan umum pada 8 november 2016 lalu.

Sebagai tindak lanjut atas kebocoran  yang telah beredar luas ke publik, Pemerintahan Donald Trump mengumumkan telah menangkap pegawai rekanan dinas intelejen Amerika, Reality Leigh Winner berusia 25 tahun yang diduga telah bocorkan rahasia dinas intelejen Amerika ke situs media online.

bocor data intel as

Reality Leigh Winner bekerja pada perusahaan Pluribus International Corp asal negara bagian Georgia sebagai rekanan badan keamanan nasional AS (NSA) akan menghadapi persidangan pada senin mendatang.

Wakil jaksa Agung A, Rod Rosentein mengatakan bahwa ” Menyebarkan data rahasia negara tanpa ijin akan mengancam keamanan negara dan memperburuk citra pemerintah di mata masyarakat. Orang yang telah disumpah untuk menjaga kerahasian data negara ini harus dihukum bila terbukti telah melakukan pelanggaran”.

NSA belum menyimpulkan apakah serangan cyber hacker militer Rusia ini mempengaruhi hasil pemilihan suara seperti dilansir situs The Intercept. Dimana hasil akhir perhitungan suara menyatakan Donald Trump menang dan terpilih menjadi Presiden AS.

Situs The Intercept juga menuliskan bahwa data intel AS  dipublikasikan 5 mei 2017 lalu tanpa menjelaskan darimana data rahasia intel AS ini didapatkan.

Dengan peristiwa semakin menyudutkan pemerintahan presiden Donald Trump yang selalu membantah adanya operasi serangan cyber intelejen Rusia yang bisa mempengaruhi hasil pemilu pada november 2016 lalu.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.