Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Business / Deutsche Bank Bayar Denda 95 Juta Dolar Atas Kasus Penipuan Pajak

Deutsche Bank Bayar Denda 95 Juta Dolar Atas Kasus Penipuan Pajak

Bank terbesar di jerman, Deutsche Bank, telah setuju untuk membayar denda sebesar 95 juta dolar atas kasus penipuan laporan pajak pada pengadilan tinggi AS, pengumuman ini disampaikan oleh penuntut umum dalm persidangan.

Deutsche Bank

Pengacara Preet Bharara mengatakan bahwa Deutsche Bank telah menggunakan perusahaan yang tidak aktif (Shell Company) dalam perhitungan transaksi untuk melakukan tindak penipuan pajak yang bernilai puluhan juta dolar AS.

Kasus ini terhitung sejak tahun 2000 dimana saat itu bank terbesar jerman ini melakukan akuisisi terhadap Holding Company yang memiliki saham di perusahaan farmasi,Bristol-Myers Squibb.

Untuk menghindari pajak yang tinggi dari hasil selisih penjualan saham dengan nilai 52 juta dolar, Deutsche Bank, melakukan transaksi palsu penjualan saham dengan perusahan yang tidak aktif ini dan kemudian membeli kembali saham tersebut.

Perusahaan tidak aktif ini juga digunakan oleh pihak Deutsche Bank untuk mengimbangi keuntungan atas kerugian selisih kurs saat pembelian saham tersebut.

Namun pihak pengadilan menolak eksepsi tersebut dan mengatakan bahwa kerugian tersebut dilakukan untuk memanipulasi total pajak yang harus dibayar oleh bank terbesar di jerman ini. Dan bank jerman ini jelas-jelas mengetahui bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki aset material dan tidak memiliki transaksi sama sekali.

Pada akhirnya Deutsche Bank mengakui bahwa kegiatan itu “direncanakan” untuk menghindari kewajiban pajak atas penjualan saham tersebut.

Bulan lalu, bank jerman juga setuju membayar denda sebesar 7,2 milyar dolar atas penjualan obligasi toxic asset yang menyebabkan krisis pada tahun 2008.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.