Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Social Media / Berita Hoax, Facebook Beberkan Algoritma Terbarunya

Berita Hoax, Facebook Beberkan Algoritma Terbarunya

Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook memberikan detail bagaimana ia beserta timnya akan menanggulangi masalah dengan beredarnya berita hoax di platform miliknya.

berita hoax

Diikuti oleh beberapa kritik yang beredar di   kalangan pengguna serta pendapat dari presiden Obama tentang berbahayanya penyebaran berita hoax atau palsu dikalangan sosial media.

Zuckerberg sendiri dalam akun facebook memberikan penjelasan dengan hati-hati tentang masalah ini dan akan memerangi munculnya berita hoax atau palsu.

Isu yang muncul sebenarnya terjadi pada saat pemilihan umum 8 november dimana facebook diisukan mempengaruhi hasil pemilu sehingga Donald Trump terpilih menjadi presiden Amerika ke 45.

Dan menurutnya muncul isu tersebut bahwa facebook jadi penyebab kemenangan Trump adalah hal gila.

Langkah-langkah yang diambil ambil Facebook untuk membersihkan platformnya dari berita hoax antara lain dengan mengubah algoritma untuk deteksi awal menjadi lebih baik, alat pelaporan, pemberian label peringatan, pemberian saran pada pengguna tentang artikel yang lebih faktual, pembaruan kebijakan periklanan, verifikasi dengan aplikasi pihak ketiga dan bekerjasam dengan media dengan jurnalis.

CEO Facebook mengatakan bahwa pendeteksian awal atas berita yang akan diposting adalah hal yang sangat penting.

Menurutnya bahwa berita palsu adalah hal yang sangat komplek baik secara teknis maupun filosofinya. Saat ini Facebook sedang bekerja keras untuk membuat teknis sistem deteksi dimana pengguna akan memberikan tanda sebagai berita hoax sebelum mereka melakukannya sendiri.

Perusahaan juga sedang bekerja untuk membuat alat pelaporan baru yang akan memudahkan pengguna untuk membuat laporan pada facebook serta memperbaiki kemampuan sistem untuk mengenali mana saja berita hoax atau bukan.

Zuckerberg juga mengatakan saat ini masih diadakan pengujian untuk membuat label peringatan bagi pengguna bahwa mereka sedang membuka informasi yang tidak benar.

Facebook bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memberikan penanda peringatan awal pada pengguna saat membaca serta membagi berita hoax itu.

Facebook juga telah mengumumkan pada minggu ini bahwa akan mencekal dan menghapus berita hoax atau palsu dari situs-situs yang mengiklan postingannya melalui media iklan facebook.

Zuckerberg menegaskan bahwa usaha ini mungkin tidak berjalan efektif secara keseluruhan namun ini adalah komitmen kami untuk menyajikan informasi yang benar dan faktual serta membuat atmosfir yang sehat

Check Also

panama geisha

Panama Geisha : Kenapa Menjadi Biji Kopi Termahal di Dunia ?

Bagi anda para penikmat kopi, pernahkah anda bayangkan ada kopi dijual dengan harga 700 Dollar …

SPAL vs Inter

SPAL vs Inter : Mauro Icardi Cetak 2 Gol Bikin Pelatih SPAL Frustasi

SPAL vs Inter : Tim ibukota, Inter Milan berhasil mengalahkan SPAL dengan skor 2-1 pada …

sanitasi

Sanitasi, Sangat Penting Dan Bisa Dimulai Dari Dalam Rumah Tangga

  Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.