Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Social Media / Facebook Ada Dibalik Kemenangan Donald Trump, Benarkah ?

Facebook Ada Dibalik Kemenangan Donald Trump, Benarkah ?

Facebook akui masih terjadi kendala untuk mengatasi berita-berita hoax yang muncul di news feed, sembari menolak bahwa berita itu mempengaruhi hasil pemilihan umum di Amerika pada 8 november lalu. Mark Zuckerberg mengatakan bahwa timnya terus melakukan upaya memperbaiki sistem algoritma untuk menghapus ataupun menghilangkan segera berita-berita hoax.

Mark Zuckerberg

 

Pada Akun facebooknya, Mark menuliskan bahwa lebih dari 99% yang anda lihat adalah berita autentik. Serta sedikit jumlah berita hoax ataupun palsu. Berita palsu atau hoax yang muncul tidak terbatas untuk menjatuhkan lawan dari partisan, peristiwa maupun politik. Secara keseluruhan, ini membuat berita hoax tidak bisa mengubah hasil dari sebuah pemilu dari satu arah ke arah lain.

“Kami tidak ingin ada berita hoax di platform kami. Tujuan kami adalah menyajikan konten yang bermanfaat dan berarti banyak bagi pengguna facebook dan pengguna ingin mendapatkan berita yang akurat. Kami telah meluncurkan fitur yang memberikan pengguna untuk melaporkan berita hoax ataupun palsu yang muncul di newsfeed mereka. Dan kami terus melakukan perbaikan, mendapatkan kemajuan serta terus akan melanjutkan pengembangan algoritma terkait berita hoax yang diunggah oleh para pengguna” Tambahnya.

Meski berita hoax yang muncul bukanlah isu baru bagi facebook. Namun sangat jelas bahwa ini mempengaruhi para pemilih dalam mengambil keputusan. Seperti beberapa hari sebelum dilangsungkannya pemilu dimana seorang anggota FBI sedang menginvestigasi Email Hillary Clinton dan itu menjadi kunci bagi lawannya pada saat debat presiden berlangsung.

Berita hoax juga kembali muncul setelah Donald trump telah diumumkan menang dalam pemilihan umum ini dikabarkan bahwa presiden Obama merencanakan untuk memberikan “Blanket Pardon”. Blanket Pardon sendiri adalah hak eksekutif yang dimiliki soerang pejabat tinggi negara untuk memberikan maaf kepada seseorang. Berita ini muncul berkali-kali di newsfeed para pengguna facebook dan menjadi trending topik.

Tekanan terhadap facebook telah berkembang dimana facebook dianggap memiliki pengaruh kuat dalam membentuk informasi yang dikonsumsi oleh para penggunanya. Seperti saat munculnya foto seorang gadis yang menjadi korban kekejaman perang  dengan gas kimia napalm saat perang vietnam.

Check Also

panama geisha

Panama Geisha : Kenapa Menjadi Biji Kopi Termahal di Dunia ?

Bagi anda para penikmat kopi, pernahkah anda bayangkan ada kopi dijual dengan harga 700 Dollar …

SPAL vs Inter

SPAL vs Inter : Mauro Icardi Cetak 2 Gol Bikin Pelatih SPAL Frustasi

SPAL vs Inter : Tim ibukota, Inter Milan berhasil mengalahkan SPAL dengan skor 2-1 pada …

sanitasi

Sanitasi, Sangat Penting Dan Bisa Dimulai Dari Dalam Rumah Tangga

  Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.