Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Nasional / Gempa Aceh Dengan Kekuatan 6.4 SK Terjadi Saat Subuh Tadi

Gempa Aceh Dengan Kekuatan 6.4 SK Terjadi Saat Subuh Tadi

Gempa Aceh dengan kekuatan 6,4 SK terjadi sekitar rabu subuh (7/12/16) dengan merusakkan beberapa bangunan di wilayah kabupaten pidie jaya. Pusat gempa terjadi di kedalaman 10 km pada wilayah tersebut.

Gempa Aceh
image by suara com

Menurut data relawan serta berbagai sumber menyatakan bahwa data sementara kerusakan yang diterima antara lain di SPBU Ulee Glee, gedung tingkat 4 Toko Jailani di wilayah Luengputu, kubah mesjid Dayah Mudi Mesra Samalanga serta gedung STAI Al-Aziziah.

Menurut badan penanggulan bencana setempat, pihaknya masih memantau kondisi di wilayah kabupaten pidie jaya dan diakui bahawa mereka terkendala dengan ketersediaan alat berat yang bisa digunakan secara cepat.

Hal ini terjadi karena sebab para pegawai yang bekerja pada dinas terkait atas penanggulangan bencana berusaha menyelamatkan diri sehingga menyulitkan koordinasi.

Gempa Aceh hari ini bertepatan dengan bulan terjadinya bencana Tsunami yang menwaskan ribuan jiwa di Aceh beberapa tahun silam.

Baca juga:
Informasi BNPB, Korban gempa aceh bertambah menjadi 97 orang
Sari roti beri klarifikasi atas aksi damai 212
Maskapai Airasia kembali dianugerahi sebagai maskapai murah terbaik

Presiden Jokowi secara live menyampaikan bela sungkawa dan memerintahkan seluruh jajaran terkait untuk segera mengirimkan bantuan. Untuk menindaklanjuti perintah bapak presiden, Kementerian sosial telah mengirimkan tim taruna siaga bencana ke aceh.

Tim taruna siaga bencana akan mempersiapkan dapur umum di lapangan daerah pidie jaya serta melakukan kordinasi dengan badan penanggulangan bencana daerah untuk bekerjasama dalam penanganan pasca gempa.

Selain persiapan pembuatan dapur umum serta tenda sementara bagi korban gempa, kementerian sosial juga akan memberikan santunan kepada korban bencana sebesar 15 juta untuk korban yang meninggal serta 5 juta bagi korban luka.

Pemerintah daerah juga telah mengeluarkan sk untuk mengirimkan cadangan beras daerah sebesar 100 ton untuk memenuhi kebutuhan pasca bencana.

Sampai berita ini diturunkan, ternyata beberapa gempa susulan sampai siang ini masih terjadi dan menimbulkan kekhawatiran pada penduduuk setempat.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.