Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Nasional / Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas bangsa indonesia dimata dunia dan tidak hanya orang indonesia saja yang menyukainya. Beberapa kepala negara juga tertarik dan mengkoleksi batik asal indonesia.
Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Unesco pada tahun 2009 menyatakan bahwa batik adalah warisan budaya milik bangsa indonesia.

Untuk menggalakkan dan memperkenalkan batik, pemerintah mendorong agar pegawai yang berkecimpung dalam pemerintahan agar menggunakan batik setiap hari jumat. Bukan pada hari batik nasional saja, namun seluruh pegawai pemerintahan menggunakan baju batik setiap hari jumat.

Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dan dilukis pada daun lontar.

Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman.

Namun dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan.

yaitu dari corak – corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya.

Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Seiring dengan berkembangnya bahan busana yang berkembang baik dari dalam maupun maka bahan batik ini tidak hanya dibuat sebagai baju saja  peruntukaannya. Namun ada juga yang dibuat celana, aksesoris maupun gorden.

Diawal batik lebih dikenal di wilayah pulau jawa terutama jawa tengah maupun yogya dan sangat identik sekali. Keseharian masyarakat disana batik merupakan pakaian yang tidak saja digunakan pada acarta terrenta namun juga digunakan saat keseharian mereka.

Ada beberapa designer bernama yang serius dan fokus pada pengembangan batik ini diantarnaya iwan tirta dan anne avanty yang dimana menggunakan batik sebagai media dalam pembuatan busananya.

Selain itu pemerintah juga terus mengagendakan dan memperkenal batik ini ke manca negara dalam acara ataupun paterna yang bersifat international.

Corak dan motif batik yang ada di indonesia ini memiliki berbagai macam jenis yang tergantung dari daerahnya masing-masing. Corak dan motif sangat dipengaruhi sekali oleh buddy masing -masing daerah.

Ada beberapa batik berdasarkan asalnya diantaranya batik bali, banyumas, betwai, besurek, madura, malang, pekalongan, tegal, solo, yogyakarta, tasik, aceh, cirebon, jombang, banten, tulungagung, kediri, kudus, jepara, bribes, minang.

Untuk coraknya ada kraton, sudagaran, cuwiri, petani, tambal, sidamukti, sekarjagad, pringgodani, kawung, sidaluhur, sidaasih dan semen rama.

Check Also

panama geisha

Panama Geisha : Kenapa Menjadi Biji Kopi Termahal di Dunia ?

Bagi anda para penikmat kopi, pernahkah anda bayangkan ada kopi dijual dengan harga 700 Dollar …

SPAL vs Inter

SPAL vs Inter : Mauro Icardi Cetak 2 Gol Bikin Pelatih SPAL Frustasi

SPAL vs Inter : Tim ibukota, Inter Milan berhasil mengalahkan SPAL dengan skor 2-1 pada …

sanitasi

Sanitasi, Sangat Penting Dan Bisa Dimulai Dari Dalam Rumah Tangga

  Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.