Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Para Migran Calais Perancis Bersiap Meninggalkan Kamp Pengungsian

Para Migran Calais Perancis Bersiap Meninggalkan Kamp Pengungsian

Calais, Perancis Utara – Para migran mulai tinggalkan kamp migran Calais dengan membawa seluruh barang bawaan mereka pada hari ini, sehari sebelum diratakannya kamp itu oleh pemerintah perancis.

Sekelompok migran calais berasal dari Sudan dan Eritria, kebanyakan pria, di pagi menjelang subuh telah berbaris diluara kamp itu dimana dapat menampung 6000-8000 orang akan dikelompokkan dan dinaikkan ke dalam bus menuju tempat penampungan di wilayah perancis lainnya.

Para Migran Calais mulai tinggalkan Kamp Pengungsian

Bis pertama yang berangkat pada pukul 8 pagi waktu setempat membawa 50 migran sudan menuju ke kamp burgundi di wilayah perancis timur tengah.

Operasi pembersihan ini diperkirakan selesai dalam waktu tiga hari, sebab kamp ini adalah salah satu kamp pengungsian di wilayah Eropa.

Wilayah pengungsian yang terletak di sebelah utara pelabuhan Calais, dimana migran telah tinggal disana selama 1 dekade dan menjadikan simbol kegagalan eropa dalam menyelesaikan masalah krisis migrasi terburuk dalam sejarah paska perang.

Badan-badan bantuan dunia telah memberi peringatan kepada para migran yang menolak untuk di relokasi. Untuk itu pemerintah telah menyiapkan 1200 anggota polisi yang akan menjaga pemindahan tersebut.

Pada minggu malam kemarin, sempat terjadi sedikit pertikaian antara pihak berwajib dengan para migran serta menembakkan gas air mata pada migran untuk membubarkan diri. Bulan maret lalu sempat terjadi kerusuhan besar di kamp pengungsian ini.

Penutupan kamp ini untuk mengurangi ketegangan di wilayah Calais, dimana terjadi pertikaian antara polisi dan migran yang mencoba menaiki truk yang akan menuju Inggris hampir setiap malam hari.

Satu jam sebelum evakuasi dimulai beberapa migran mencoba mencari pengharapan baru dengan melewati selat menuju inggris.

Sam, asal suriah yang tinggal disana selam 13 bulan mengatakan, ada tempat disekitar Calais kurang lebih berjarak 12 km dijadikan tempat persembunyian para migran yang tidak mau dipindahkan dari kamp itu.

Otoritas perancis telah mengatakan kepada migran yang bersedia dipindahkan dapat menngajukan permohonan suka di perancis.

Para migran ini dipisahkan berdasar keluarga, pria lajang, dan anak-anak yang rentan sebelum dinaikkan ke dalam salah satu bis dari total 60 bis ke tempat penampungan di seluruh perancis.

Para pejabat Inggris bergerak cepat untuk memproses pengungsi anak-anak agar segera dikirim ke Inggris sebelum dibawa ke tempat penampungan nasional.

 

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.