Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Motivation / Kecemasan Diri, Inilah Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya

Kecemasan Diri, Inilah Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara mengatasi kecemasan diri ?, semua orang pasti pernah dan mungkin sedang mengalami pengalaman emosional seperti ini. Penyebab utama dari kecemasan diri adalah kondisi mental dimana adanya ketakutan,kekhawitaran yang berlebihan.

Bagaimana Cara Mengatasi Kecemasan Diri

Bagaimana cara mengatasi kecemasan diri ?, semua orang pasti pernah dan mungkin sedang mengalami pengalaman emosional seperti ini. Penyebab utama dari kecemasan adalah kondisi mental dimana adanya ketakutan,kekhawitaran yang berlebihan.

Sebenarnya sangat mudah solusinya, berhentilah untuk cemas. Mungkin sangat klise kedengarannya. Namun ada benarnya disaat anda memutuskan untuk berhenti memikirkan  kecemasan, mulai mengalihkan perhatian anda pada hal lain maka kecemasan itu akan mereda dan kemudian hilang.

Mulailah bertanya kepada diri anda sendiri dengan pertanyaan yang berbeda. Seperti ” Apa yang harus mulai saya lakukan untuk mengembangkan rasa percaya diri dan kekutan dalam hidup saya ?”.

Jangan pernah berpikir kecemasan adalah hal yang negatif, sebab bila kita runtun bahwa cemas itu adalah pesan emotional yang disampaikan kepada diri anda. Bila anda karyawan yang diberi tanggung jawab untuk menyelesaikan dengan deadline yang sangat ketat dan anda cemas, itu pertanda bahwa anda harus mengembangkan skill, kapabilitas anda sebagai seorang karyawan.

Bagaimana cara anda menggunakan energi dari rasa cemas ini ?. Apakah akan anda gunakan sebagai alat untuk mulai mengembangkan rasa percaya diri anda atau kemampuan di bidang tertentu yang menjadi pekerjaan. Atau akan anda jadikan kecemasan ini sebagai alasan untuk berhenti.

Hal yang terbaik yang bisa dilakukan saat rasa cemas datang yaitu cobalah bertanya pada diri ” Darimanakah rasa cemas ini datang dan apa yang menjadi penyebabnya ?”. Kecemasan sendiri sebenarnya hanya berasal dari 3 sumber : takut akan kehilangan sesuatu, kegagalan dalam berbagai bentuk, serta kekecewaan yang mendalam.

Takut akan kehilangan sesuatu bisa jadi orang tersayang, berpisah dengan orang yang benar anda sayangi; anda pasti tahu apa yang harus anda lakukan sebenarnya namun kecemasan ini membuat hal itu  menjadi buram, bertindaklah atas nama kebenaran bukan pembenaran.

Kegagalan dalam berbagai bentuknya; Disaat anda ingin mencobanya lagi, anda terlalu dini mengatakan ini akan berat, saya tidak mampu melakukannya lagi.

Kekecewaan mendalam muncul ; saat anda sangat mengharapkan sesuatu yang penting untuk anda terjadi namun kenyataannya tidak.

Jika anda telah menemukan akar penyebab kecemasan ini, mulailah melakukan analisa apakah kecemasan ini berhubungan dengan diri saya sebagai pribadi  atau profesional (pekerjaan/ bisnis anda).

Setelah dua hal diatas anda temukan,  ubahlah fokus diri anda kepada pengembangan diri anda baik kemampuan personal maupun profesional , mulailah membuat rencana kecil dan segeralah bertindak konkrit.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.