Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Wellness / Manfaat dan Khasiat dari Sinom Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat dari Sinom Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dari sinom, pasti kalian sudah tahu apa itu sinom. Yang kita tahu sinom ini berasa manis dan agak sedikit, dan orang jawa sering minum sinom untuk menambah nafsu makan anak. Lalu kenapa kita harus mengetahui tentang manfaat sinom.

khasiat dari sinom

Jadi mari kita lihat sejenak bedah gizi yang terdapat pada kandungan sinom ini, jadi menurut data yang diperoleh kandungan asam jawa dan kunyit , serta daun asam sinom tersebut.

Didalam asam jawa sendiri terkandung kandungan yang antara lain fosfor 113 mg, hidrat arang 62,5 gram, kalori 23900kal, kalsium 74 mg, lemak 0,6 gram protein 2,6 gram vitamin A 30 mg, vitamin B1 0,34 mg, vitamin C 2mg dan zat besi 0,6 mg.

Kandungan dalam asam jawa matang yang terdapat pada sinom sangat beragam sehingga kita bisa mengkalkulasikan kira kira manfaat apa saja apabila kita minum jamu sinom ini.

Jamu yang terdapat berbagai macam campuran ini jika diracik tanpa bahan pengawet maka masa kadaluarsa sinom ini sangatlah pendek hanya berkisar tujuh hari dari masa pembuatannya.

Khasiat dari sinom itu sendiri menambah nafsu makan sinom ini juga bisa melancarkan haid atau datang bulan bagi para wanita, dan juga menyuburkan kandungan.

Tidak disarankan untuk konsumsi berlebih bagi para ibu hamil sebaiknya juga penuhi gizi lainnya melalui makanan yang disarankan oleh dokter, agar si anak dalam kandungan mendapat gizi yang cukup. Lalu apasajakah khasiat yang dihasilkan oleh sinom ini.

Asam jawa yang merupakan salah satu bumbu rahasia pembuatan sinom ini bermanfaat untuk melancarkan buang air besar , mengatasi nyeri darah haid, membuat perut menjadi dingin, menghilangkan keputihan, mencegah kerontokan rambut, atau bisa juga untuk membersihkan barang yang terbuat dari kuningan.

Daun asam sinom ini mengandung flavonoid yang bersifat anti radang menghilangkan sakit, dan membantu mengeluarkan keringat.

Daun asam ini juga bermanfaat mengatasi susah buang air besar, mengurangi radang dan persendian rebusan daun mudanya dapat dipakai untuk meredakan batuk.

Minuman yang berasal dari daun sinom ini merupakan tanaman asam jawa, dan orang- orang jawa dahulu juga sering menggunakan ini sebagai minuman yang berguna untuk melancarkan peredaran darah.

Dari jaman dahulu minuman ini sudah kita konsumsi juga sebagai obat, yang bersifat kimiawi alami, memang benar mengaggumkan pengetahuan warisan nenek moyang.

Hal ini sangat kontras dengan jaman sekarang yang meskipun banyak obat untuk mengobati penyakit tapi masih mengandung efek samping kimiawi, dan membuat tubuh bisa sembuh maksimal.

Orang dahulu lebih tahu bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Dan pepatah itu mungkin sangat bermanfaat pada jaman tersebut, semoga informasi khasiat dari sinom berguna untuk anda.

Check Also

panama geisha

Panama Geisha : Kenapa Menjadi Biji Kopi Termahal di Dunia ?

Bagi anda para penikmat kopi, pernahkah anda bayangkan ada kopi dijual dengan harga 700 Dollar …

SPAL vs Inter

SPAL vs Inter : Mauro Icardi Cetak 2 Gol Bikin Pelatih SPAL Frustasi

SPAL vs Inter : Tim ibukota, Inter Milan berhasil mengalahkan SPAL dengan skor 2-1 pada …

sanitasi

Sanitasi, Sangat Penting Dan Bisa Dimulai Dari Dalam Rumah Tangga

  Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.