Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Nasional / Korban Gempa Aceh Bertambah Menjadi 97 Orang

Korban Gempa Aceh Bertambah Menjadi 97 Orang

Korban gempa aceh bertambah menjadi 97 orang dan kebanyakan ditemukan di reruntuhan serta puing bangunan tempat tinggal mereka.

Gempa dengan kekuatan 6.5 sk ini yang menghantam aceh terutama di kabupaten pidie terjadi saat penduduk aceh yang mayoritas muslim ini sedang bersiap untuk melaksanakan sholat subuh.

Korban gempa aceh
image by afpress

Jumlah korban gempa aceh ini semakin bertambah setelah regu penyelamat melakukan penyisiran di wilayah bencana. Para regu penyelamat dengan alat seadanya melakukan pencarian di puing reruntuhan rumah, masjid serta pertokoan.

Pada pagi setelah kejadian gempa ini, korban yang terevakuasi sekitar 52 orang namun secara signifikan militer indonesia memberikan info terkini jumlah korban yang telah ditemukan.

Baca juga :
Gempa dengan kekuatan 6.5 sk kembali melanda aceh 

Militer Indonesia juga mengambil alih tanggung jawab  serta komando untuk pencarian dan penyelamat korban gempa aceh ini.

Lebih dari 1000 tentara serta 900 anggota kepolisian telah diterjunkan di tempat yang terkena dampak paling parah dan menjadikan sebagai titik evakuasi.

Ratusan rumah serta pertokoan roboh akibat dari gempa ini dan menyebabkan banyak penduduk yang kehilangan tempat tinggalnya serta memerlukan suplai terutama bahan pangan dan air.

“Sampai saat ini aliran listrik di wilayah bencana masih dalam keadaan mati dan jika hujan turun maka akan menimbulkan munculnya wabah penyakit”, ujar salah pejabat daerah.

Rumah sakit di Pidie Jaya tak mampu  menampung banyaknya korban gempa yang harus segera ditangani sehingga perawatan dilakukan di halaman luar rumah sakit.

Sementara beberapa rumah sakit lain tidak bisa beroperasi akibat gedungnya mengalami kerusakan parah akibat gempa.

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bahwa gempa aceh ini menjadi bencana nasional.

Menurut badan meteorologi dan geofisika bahwa telah terjadi beberapa gempa susulan yang terjadi di sepanjang propinsi nangro aceh darussalam.

korban gempa aceh
image by usgs

Peristiwa alam yang terjadi di indonesia baik itu gempa ataupun gunung meletus diakibatkan oleh posisi geografis wilayah daratan indonesia yang berada di lingkaran api pasifik dimana lempeng tektonik bertabrakan.

Posisi propinsi aceh yang berada di ujung utara pulau sumatera sangat rentan terkena gempa bumi.

Pada bulan juli lalu, juga telah terjadi gempa dengan kekuatan 6.5 sk yang menghantam bagian barat sumatera dan mengakibatkan beberapa gedung hancur serta beberapa orang cedera.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.