Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Business / Nilai Mata Uang Poundsterling Terus Alami Penurunan, Ini Sebabnya

Nilai Mata Uang Poundsterling Terus Alami Penurunan, Ini Sebabnya

Mata uang Poundsterling mengalami penurunan 6% diawal perdagangan di asia pada jumat ini, hampir mendekati 1.18 dolar usa dan ini terjadi pertama sejak 31 tahun yang lalu namun segera setelah itu kembali pulih. Penurunan nilai poundsterling itu menyebabkan kerugian sekitar 1,24 dolar us. Mata uang Poundsterling tidak pernah mengalami penurunan sedrastis ini sejak 1985. Para pengamat pasar berpendapat bahwa pounds inggris akan terus mengalami penurunan.

Mata Uang Poundsterling

Apa yang menjadi penyebab menurunnya poundsterling sebesar 17% ? apakah karena referendum brexit ? dan kenapa baru minggu ini penurunan itu terjadi.

Ada beberapa hal penyebab menurunnya nilai mata uanga poundsterling diantaranya:

1. Politik: Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan bahwa Inggris secara formal akan keluar dari uni-eropa yang terdiri dari 28 negara tersebut pada bulan mei 2017. Inggris memerlukan waktu selama 2 tahun untuk bernegosiasi mengenai referendum brexit sebelum keluar dari uni-eropa. Pernyataan ini menimbulkan nilai poundsterling turun ke level 1,30 dolar us dan membuat para investor harus kembali membuat perhitungan akibat adanya kemungkinan Ekonomi inggris akan semakin memburuk. Hasil referendum brexit ini menimbulkan efek besar terhadap perdagangan, investasi bisnis, pekerjaan serta serta permintaan konsumen. Dan tampaknya brexit datang lebih cepat dari harapan para investor.

2. Bisnis dan ekonomi: Bendahara kerajaan inggris Chief Phillip pada selasa lalu telah mengunjungi Bank Wallstreet di new york untuk meyakinkan para eksekutif bahwa kepentingan bisnis mereka akan tetap terjaga. Investor memiliki kekhawatiran bahwa brexit mengakhiri akses bebas ke pasar finansial eropa serta membuat inggris kurang menarik lagi bagi para investor.
Ribuan perusahaan keuangan yang sedang beroperasi di inggris saat ini memiliki ijin melakukan perdagangan di eropa tanpa harus mendirikan anak perusahaan di masing negara. Bisnis ini sangat vital bagi inggris dan menyumbang sekitar 12% dari GDP.
Hammond juga menyatakan bahwa bisnis dinggris tetap sangat ramah bagi siapa saja setelah para politisi senior inggris memaksa perusahaan inggris untuk melaporkan jumlah karyawan dari luar inggris kedalam sistem penggajian.
“Ada indikasi bahwa brexit ini adalah untuk mengurangi jumlah imigran pekerja yang ada di inggris dan mengimplikasikan banyak pekerja imigran merupakan hal yang buruk” ujar pakar ekonomi Paul donova.

3. Kebijaksanaan Bank Central:Bank Inggris membantu menopang perekonomian inggris setelah adanya referendum brexit ini dengan menyuntikkan dana sebesar 10 milyar poundsterling kedalam sistem keuangan inggris serta melakukan pemotongan suku bunga yang terendah selama sejarah keuangan inggris.
Suntikan dana ini juga menimbulkan efek dengan menurunnya nilai mata uang poundsterling terhadap us dolar. Namun hal itu tetap harus dilakukan untuk membantu perusahaan multinasional inggris.
Secara terpisah Gubernur Bank Inggris Mark Carney berpendapat bahwa bank central harus tetap independen dalam membuat kebijakan keuangan. Carney juga sependapat dengan Perdana Menteri Inggris bahwa perekonomian inggris sangat ini hanya dinikmati oleh kelompok tertentu.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.