Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Life Style / Seni Ukir Nusantara, Mengenal Lebih Dekat Berbagai Motif Dan Cirinya

Seni Ukir Nusantara, Mengenal Lebih Dekat Berbagai Motif Dan Cirinya

Jauh sebelum manusia mengenal tulisan, jika manusia ingin mendeskripsikan sesuatu mereka menggunakan gambar, gambar tersebut kadang dilukiskan kadang juga dipahat diatas sebuah, lalu keterampilan memahat ini berkembang menjadi memahat kesebuah atau yang lebih kita kenal sebagai seni ukir kayu.

seni ukir nusantara

Dilihat dari pengertiannya seni ukir atau ukiran merupakan gambar atau hiasan dengan bagian-bagian yang cekung(kruwikan)dan bagian- bagian yang cembung (buledan) yang menyusun suatu gambar yang indah. Pengertian  ini berkembang hingga dikenal sebagai seni ukir yang merupakan seni membentuk gambar pada kayu, batu, atau bahan yang lainnya.

Bangsa Indonesia mengenal ukiran sejak jaman batu muda (neolitik), yakni sekitar 1500 SM zaman nenek moyang telah membuat ukiran kapak batu , tempanan tanah liat atau bahan yang lain yang ditemuinya.

Saat sekarang seni ukir kayu dan logam mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan fungsinya sudah bergeser dari hal hal yang berbau mistis berubah menjadi alat penghias saja. Pada ukiran kayu meliputi motif pajajaran, mojopahit , mataram , pekalongan, bali, jepara, Madura , Cirebon, Surakarta, Yogyakarta ,dan berbagai macam motif yang lainnya.

Seni ukir jepara. Ukiran jepara terkenal kisah atau legenda pada jaman kerajaan majapahit. Dikisahkan seorang ahli seni pahat yang bernama prabangkara, pada suatu ketika prabu brawijaya, meminta prabangkara untuk membuat lukisan untuk permaisuri raja sebagai rasa ungkapan cinta pada permaisurinya yang sangat cantik dan mempesona.

Lukisan permaisuri yang tanpa busana itu dapat diselesaikan prabangkara dengan sempurna dan tentu saja hal ini membuat raja brawijaya menjadi curiga karena pada bagian tubuh tertentu dan rahasia terdapat tanda alami/khusus yang terdapat pula pada lukisan serta tempatnya /posisi dan bentuknya sama persis.

Dengan suatu tipu muslihat , prabangkara dengan segala peralatanya dibuang secara terikat pada sebuah layang layang yang setelah sampai di angkasa diputus talinya dan jatuh disebuah desa yang  dikenal dengan nama belakang gunung dekat kota jepara. Desa kecil sebelah utara kota jepara tersebut sampai sekarang memang banyak terdapat pengerajin seni ukir yang berkualitas tinggi. Namun asal mula ukiran dijepara apakah memang betul karena jatuhnya pahat prabangkara belum ada data yang mendukungnya.

Seni ukir nusantara juga telah mengalami beberapa perkembangan seiring dengan berubahnya waktu namun pakem atau corak dasar tetap dijaga oleh para penerusnya.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.