Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Ekonomi Rusia, Menteri Ulyukayev Diberhentikan Akibat Skandal Suap

Ekonomi Rusia, Menteri Ulyukayev Diberhentikan Akibat Skandal Suap

Moskow – Menteri Ekonomi Rusia, Alexey Ulyukayev diberhentikan dari kabinet Presiden Vladimir setelah pengadilan memutuskan bersalah. Pemecatan ini dilakukan akibat skandal suap yang dilakukan Ulyukayev saat melakukan kesepakatan privatisasi dengan perusahaan minyak kelas menengah rusia. Badan investigasi Rusai mengungkapkan bahwa Ulyukayev telah diberhentikan sejak senin lalu dengan tuduhan menerima suap sebesar 2 juta dolar.

ekonomi rusia

Selama proses persidangan menteri ekonomi rusia ini membantah semua tuduhan itu dan mengataka bahwa saya siap untuk bekerjasam dengan badan pemeriksa. Selama pemerintahan presiden Putin, kasus ini merupakan kasus terbesar sejak putin menduduki kursi kepresidenan. Juru bicara kepresidenan, Dmitry Peskov menyatakan pada wartawan nasional rusia bahwa presiden telah diinformasikan saat operasi penangkapan berlangusng.

Ulyukayev , menteri berumur 60 tahun, telah menduduki beberapa jabatan penting di kabinet putin diantaranya sebagai menteri keuangan dan gubernur bank sentral Rusia sebelum ia dilantik menjadi menteri ekonomi pada tahun 2013 lalu. Penahanannya ini juga menimbulkan spekulasi politik dengan diantara partai di Rusia dimana presiden putin melakukan pembersihan di kabinetnya.

Televisi Nasional Rusia menyiarkan berita penangkapan Ulyukayev secara non-stop dengan headline “Perlawanan terhadap tindak korupsi”.  Penangkapan atas pebisnis kelas satu serta politikus senior ini menimbulkan rumor adanya keterlibatan Putin secara pribadi.

Badan investigasi yang telah menangani mega kasus yang melibatkan para orang kaya rusia serta politikus  mengungkapkan bahwa Ulyukayev terbukti menerima suap dan dapat dikenakan hukuman kurungan penjara selama 15 tahun.

Kasus suap ini terjadi saat Ulyukayev dengan menggunakan pengaruh kekuatan poltiknya agar PAO Rosneft membeli lebih dari 50 % atas perusahaan minyak dengan skala lebih kecil, PAO Bashneft.

Beberapa pengamat mengungkapkan apakah Ulyukayev adalah korban dari kasus ini atau malah ingin menyingkirkannya dari kabinet Putin, sebab pimpinan perusahaan Rosneft, Igor Sechin adalh orang yang sangat dekat dengan Presiden Putin.

Sumber media Rusia memberitakan bahwa ponsel milik menteri ekonomi rusia ini telah disadap serta dipantau komunikasinya oleh para penegak hukum Rusia selama satu tahun.

Kebjakan privatisasi oleh presiden putin ini diambil sebagai langkah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Rusia. Harga minyak yang rendah serta pemberian sanksi oleh eropa barat membuat ekonomi rusia alami penurunan sebesar 3,7% pada tahun lalu. Dengan upaya ini diharapkan defisit anggaran Rusia bisa dipersempit.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.