Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Entepreneur / Nandan Nilekani, Bagaimana Biliuner India ini Berinvestasi ?

Nandan Nilekani, Bagaimana Biliuner India ini Berinvestasi ?

Nandan Nilekani, Entepreneur dan pendiri salah perusahaan terbesar pada bidang layanan teknologi informasi asal India. Dengan pengalamannya membuat ia matang menjadi seorang pebisnis namun terbilang masih muda dalam bidang investasi. Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir ia mendedikasikan seluruh waktu, tenaga dan biaya untuk mengembangkan perusahaan InfoSys.

Nandan Nilekani

Nilekani tidak memiliki waktu untuk fokus dalam bidang investasi di tempat lain dengan kata lain semua hartanya telah diinvestasikan seluruhnya ke perusahaan InfoSys. Dengan semakin berkembang pesat InfoSys termasuk sistem maupun manajemen memberikan peluang baginya untuk melakukan investasi secara pribadi.

Tepat diumurnya yang ke 61, Nilekani  mengundurkan diri dari jabatan direksi untuk lebih mengelola keuntungan pribadinya.

Nilekani mengatakan bahwa ia sangat khawatir dengan hutang yang menumpuk pada neraca bank india. Serta lebih mengkhawatirkan gerakan anti globalisasi. Kekhawatiran ini muncul setelah adanya referendum Brexit serta terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika dimana akan mempengaruhi kinerja perusahaan InfoSys. Perusahaan teknologi informasi ini sebagian besar memiliki pelanggan yang berasal dari benua Eropa dan Amerika Serikat.

Nandan Nilekani mengatakan bahwa pelayanan adalah pondasi bisnis saya dan saya lebih tertarik berinvestasi di bidang pelayanan daripada bidang manufaktur. Oleh sebab itu ia telah menginvestasikan sebesar 5% dar total kekayaannya pada Startup yang berbasis layanan informasi.

Investasi yang baru saja ia lakukan adalah kepada 101 Commerce Service dengan aplikasi ShopX dimana platform ini mengumpulkan dan merekrut bisnis rumah tangga serta menjualnya secara online. Saat ini, platform ShopX telah memiliki hampir lebih dari 40 ribu retailer di 180 kota di India.

Ia sangat optimis dengan investasi pada Fortigo Network Logistik dimana aplikasi ini memberikan kemudahan kepada supir maupun pemilik truk serta broker dan perusahaan transportasi yang ingin mendapatkan jasa transportasi dengan harga terbaik. Aplikasi ini layaknya seperti Uber namun barang dan produk menjadi penumpangnya.

Nandan Nilekani mengungkapkan pedoman yang ia gunakan dalam melakukan investasi. pertama adalah kualitas dari entepreneur itu sendiri serta seberapa rentannya sektor ataupun perusahaan itu terkena dampak kebijakan domestik.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.