Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Presiden Obama Beri Sanksi Rusia Atas Aktifitas Cyber Pada Pemilu AS

Presiden Obama Beri Sanksi Rusia Atas Aktifitas Cyber Pada Pemilu AS

Secara tidak diduga, Presiden Obama beri sanksi Rusia atas tindakan hacking dalam pemilihan umum AS pada november lalu. Memang pada saat menjelang pemilihan umum sampai hari pemilihan umum terus berkembang rumor bahwa Rusia melakukan peretasan terhadap sistem jaringan komputer AS.

Sanksi Rusia

Dugaan ini juga diperkuat dengan aksi Jester, seorang hacker amerika yang memperingatkan pemerintah AS tentang adanya tindak peretasan ini. Dan ia pun melakukan aksi balik meretas sistem jaringan pemerintah Rusia untuk meminta menghentikan segala kegiatan cyber yang berhubungan dengan pemilihan Umum AS.

Menindak lanjuti sanksi ini, pejabat Administrasi Obama telah memerintahkan 35 diplomat Rusia untuk segara meninggalkan Amerika Serikat dalam waktu 3 hari bersama seluruh keluarganya dan menutup 2 gedung milik pemerintah Rusia di wilayah Maryland dan New York.

Ini adalah pertama kalinya nama Rusia dikaitkan dengan kegiatan hacker dan diberi sanksi secara terbuka pada publik.

Menurut Juru bicara Gedung Putih mengatakan ” Kegiatan cyber Rusia dimaksudkan untuk mempengaruhi Pemilihan Umum di AS november lalu, menimbulkan ketidakpercayaan pada lembaga demokrasi pemerintah AS serta keraguan atas hasil dari pelaksanan pemilu. Hal ini tidak dapat diterima dan tidak dapat ditoleransi”.

Gedung putih juga memberikan sanksi atas intervensi pemilu ini kepada 2 Badan intelegen Rusia GRU dan FSB, 4 pejabat di GRU dan 3 perusahaan yang mensuplai kebutuhan GRU. Pemerintah Amerika juga memberi sanksi pada Evgeniy Mikhailovich Bogachev and Alexey Belan yang memang telah lama diselidiki oleh Agen FBI.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.