Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Sport / Negara Kosovo Kembali “Bergolak” Namun Dalam Bidang Olahraga

Negara Kosovo Kembali “Bergolak” Namun Dalam Bidang Olahraga

Tahukah anda tentang negara kosovo, saat anda mendengarnya pasti yang terlintas adalah perang saudara dan pembantaian etnis (genocide). Namun saat hal itu sudah dikubur dalam-dalam oleh rakyat kosovo. Kosovo merupakan negara termuda yang mendapatkan kemerdekaan dari serbia tahun 2008. Namun saat ini kosovo kembali “bergolak” namun dalam bidang olahraga.

Olahraga Negara Kosovo

Tahun ini negara kosovo memberi kejutan kepada dunia melalui bidang olahraga dimana mendapat medali emas olimpiade serta akan memulai debutnya dalam ajang penyisihan piala dunia dengan awal yang sempurna. Medali emas pertama kali melalui judoka wanita Majlinda Kelmendi.

Dan untuk Presiden Hashim Thaci dua acara ini membuktikan bahwa olahraga meruntuhkan penghalang dimana politik dan diplomasi terkadang gagal.

Kosovo menahan imbang finlandia 1-1 di turku bulan lalu saat kualifiaksi piala dunia, presiden tachi yang terpilih  pada mei 2016 lalu sangat menikmati pertandingan tersebut dan merasa bangga bahwa negaranya mampu berkiprah kembali dikancah olahraga international. penalti Valon Berisha menyelamat sekaligus memberikan poin pertama dalam ajang penyisihan piala duni 2018 dan ribuan fan kosovo merayakannya di dalam maupun di luar stadion.

Ada yang menarik sebelum pertandingan berlangsung dimana 6 pemain yang turun bertanding diijinkan bermain oleh FIFA satu jam sebelum kick-off berlangsung.

Secara umum, olahraga di negara kosovo tertidur selama 2 dekade akibat perang saudara yang berkecamuk dan menewaskan hampir 90% rakyat kosovo. Dan sekarang adalah waktunya untuk bermimpi dan membuat mimpi itu menjadi kenyataan ujar presiden Hashim Tachi.

Dengan medali emas yang didapat pada olimpiade 2016 membuka babak baru dan kesempatan bagi para talenta muda kosovo dan sebaliknya akan meningkatkan kualitas atlit serta sarana dan prasarana struktur olahraga di kosovo.

Pada Selasa ini lebih dari 11 ribu fan kosovo akan ke albania termasuk anak presiden kosovo untuk menyaksikan pertandingan melawan kroasia di stadion Loro Borici untuk leg kedua penyisihan piala dunia 2018. Dan saat ini stadion nasional kosovo masih dalam tahap penyelesaian dan diharapkan pada bulan maret tahun depan dapat difungsikan.

Menurut Presiden Hashim tachi pertandingan melawan krosia ini sangat bersejarah sebab kroasia diisi pemain kelas dunia, namun apapun hasilnya nanti tetap kita rayakan mengingat baik kroatia dan kosova merupakan negara korban kekejaman perang.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.