Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Pabrik Kimia BASF Jerman Kebakaran, Ada Korban Tewas dan Cedera

Pabrik Kimia BASF Jerman Kebakaran, Ada Korban Tewas dan Cedera

Pabrik Kimia BASF SE mengatakan 1 karyawan meninggal dan 6 orang lainnya hilang saat terjadi ledakan serta kebakaran di pabrik perusahaan pembuat bahan kimia terbesar di jerman.

Pabrik Kimia BASF

Sedikitnya ada 7 orang yang terluka dan 6 diantaranya serius setelah kebakaran yang bersumber pada pipa pengiriman cairan mudah terbakar menuju pelabuhan dan menimbulkan serangkaian ledakan. Dan tim medis perusahaan mengatakan bahwa situasinya masih membingungkan  dan terus berubah setiap menitnya.

Peter Frederich, Kepala pemadam kebakaran setempat mengatakan pada jumpa pers di ludwigshafen, kota dimana kantor pusat BASF serta fasilitas produksi utama di jerman, bahwa produk kimia  yang dihasilkan selamat dari insiden kebakaran ini.

Polisi juga telah memberikan peringatan pada kendaraan bermotor untuk menghindari kota Oppau, Edigham dan Pfingstweide.

“Udara di kota itu sedang dipantau dan perimeter keamanan telah dibentuk” tambah Frederich. Asap menuju kota tetangga di Mannheim dan penduduknya telah dinformasikan meski Perusahaan mengatakan tidak berbahaya.

Perusahaan pembuat kimia terbesar di dunia ini, sebelumnya meneghentikan unit steam cracker serta beberapa fasilitas lainnya di tempat kejadian dan pada konferensi pers mengatakan ada 14 unit produksi yang terkena dampak. Ledakan terjadi di fasilitas kimia di blok Landhafen Nord sekitar pukul 11.30 pagi waktu setempat saat ada pekerjaan pada bagian pipa.

Pabrik kimia BASF belum merilis detail zat apa saja yang membumbung ke udara.

Penduduk di sekitar kejadian telah disarankan untuk menutup pintu dan jendela rumah. Rekaman yang di-posting dengan hastag #Ludwigshafen di twitter memperlihatkan gumpalan asap tebal serta kobaran api dari fasilitas kimia tersebut, yang terletak di sisi sungai Rhein. Seorang saksi mata melaporkan terjadi 3 ledakan dan kobaran apai setinggi 100 meter.

Akibat kebakaran ini menakibatkan turunnya saham sebesar 1 % pada nilai 78.45 Euro di jam 4 sore.

Pelabuhan landhafen Nord adalah terminal untuk cairan yang mudah terbakar seperti naptha, methanol dan gas cair terkompresi. Lebih dari 2.6 juta ton barang ditangani disana setiap tahunnya. Dan rata-rata tujuh kapal perhari bersandar. menurut website perusahaan  ini adalah salah satu dari 3 terminal pabrik kimia BASF yang beroperasi di Ludwigshafen.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.