Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / PBB Umumkan Gencatan Senjata Selama 3 Hari Di Yaman

PBB Umumkan Gencatan Senjata Selama 3 Hari Di Yaman

Yaman- Gencatan senjata selama 3 hari di yaman diberlakukan secara resmi oleh PBB. Gencatan senjata ini berlaku 1 menit menjelang tengah malam waktu setempat, berselang satu jam setelah terjadi baku tembak. Pasukan Presiden Yaman, Abdrabbuh Mansour Hadi bekoalisi dengan Arab Saudi telah berperang melawan pemberontak Houthi yang menguasai wilayah sanaa.

PBB Umumkan Gencatan Senjata Selama 3 Hari Di Yaman

PBB berharap dengan gencatan senjata ini akan membawa kedua belah pihak untuk mengadakan pembicaraan perdamaian di yaman. Koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi mengatakan akan menghormati keputusan itu jika pemberontak Houthi juga melakukan hal yang sama.

Para anggota parlemen di sanaa yang sebagian besar pendukung pemberontak Houthi menyatakan pada hari rabu akan berkomitmen penuh pada pemberlakuan gencatan senjata itu.

Namun masih ada keraguan besar, apakah gencatan senjata ini akan membuka peluang perdamaian untuk mengakhiri perang saudara yang telah berlangsung selama 19 bulan yang menimbulkan ribuan jiwa.

Sebab gencatan senjata di yaman ini adalah yang keenam coba dilakukan ileh PBB.

Presiden Mansour Hadi yang berada dalam pengasingan mengatakan pada kantor berita saba pada rabu kemarin mengharapkan agar pihak pemberontak akan melanggar gencatan senjata.

“Kami tidak mengharapkan dari mereka sesuatu yang lebih dari pengingkaran dan penundaan” tambah Hadi sesaat setelah bertemu dengan perwakilan Amerika serikat dan Inggris.

Pengumuman atas gencatan ini dilakukan sebagai tanda peringatan internasional atas 140 korban jiwa dalam serangan udara Arab Saudi yang telah menghantam sebuah acara pemakaman di Sanaa.

Pejabat Arab Saudi mengatakan bahwa serangan udara pada Ibukota sanaa pada awal bulan ini seharusnya untuk menyerang pimpinan pemberontak Houthi namun kesalahan intelejen saat memberikan informasi wilayah yang menjadi target serangan.

Utusan khusus PBB untuk Yaman, Ismail Ould Cheikh Ahmed berharap gencatan senjata ini akan mengurangi bertambahnya korban jiwa dari penduduk yaman dan akan memungkinkan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan.

Dalam konflik di yaman, koalisi pimpinan Saudi arabia menuduh Negara Iran mendukung pemberontak Houthi.

Perang saudara ini telah menewaskan sedikitnya 7000 orang ditambah lebih 35 ribu orang yang terluka dan 3 juta penduduk berada kamp pengungsian sejak maret tahun lalu, menurut data PBB.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.