Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Wellness / Penyakit Anemia, Apa Penyebab dan Bagaiman Cara Mencegahnya ?

Penyakit Anemia, Apa Penyebab dan Bagaiman Cara Mencegahnya ?

Mungkin kata anemia sudah sering anda dengar namun apakah anda pernah check up kesehatan anda ? atau mungkin anda sedang menderita penyakit  anemia namun anda tidak sadar atau bisa jadi anda tidak tahu apa saja gejala yang dapat dirasakan bila seseorang terkena anemia.

Penyakit anemia

Jika jumlah sel-sel darah merah dalam tubuh berkurang atau berada dibawah level normal maka inilah yang disebut anemia. Kondisi ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi tubuh anda sebab sel darah merah yang mengandung hemoglobin sebagai sarana yang membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh anda juga berkurang.

Mengapa sel darah merah dalam tubuh bisa berkurang, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya :

  • Leukimia
    leukimia adalah kanker yang terdapat pada sel darah, sel darah ini dihasilkan di daerah sumsum tulang belakang yang merupakan jaringan lunak dalam tulang sehingga apabila kanker ini menyerang pastinya juga akan mempengaruhi sumsum tulang belakang penderita.
  • Sistem kekebalan terganggu
    Apabila terjadi gangguan pada sistem kekebalan pada tubuh anda dimana sel darah maupun jaringannya terserang penyakit autoimun dan ini sangat mempengaruhi pembuluh arah yang ada pada jaringan tubuh.
  • Pendarahan
    Pendarahan yang berlebihan akibat luka atau haid pada wanita juga akan mempengaruhi jumlah sel dararh merah dalam tubuh.
  • Gangguan ginjal
    Apabila ginjal anda terganggu maka salah satu hormon yang diperlukan untuk menghasilkan sel darah merah menjadi terganggu sehingga juga akan mengganggu proses pembentukan sel darah merah baru.
  • Kekurangan zat besi
    Pada umumnya orang mengira di saat merasakan gejala kurang darah maka yang dilakukan adalah dengan mengkonsumsi vitamin ataupun zat penambah darah namun ada kalanya bahwa yang terjadi bahwa tubuhnya tidak bisa menyerap zat besi yang berasl dari makanan ataupun suplemen penambah darah.
  • Penyakit komplikasi.
    Organ dalam tubuh kita memiliki tugas masing-masing namun juga tergantung dengan organ yang lain oleh sebab itu jika penderita menderita penyakit yang menggangu salah satu organ tubuh anda maka proses dalam pembuatan sel darah baru untuk menggantikan sel darh yang rusak juga aka terganggu.
  • Infeksi dari cacing tambang
    ada infeksi yang menjadi penyebab seseorang menderita penyakit anemia yaitu infeksi yang berasal dari cacing tambang, dimana cacing ini akan menyerap sel darah anda sehingga penderita akan kehilangan nafsu makan sehingga zat ataupun nutrisi yang diperlukan dalam tubuh juga akan berkurang disebabkan sebagian telah diserap oleh cacing tambang ini.

Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan apakah seseorang mengalami anemia atau tidak diantaranya :

1. Sakit kepala.
Kebanyakan penderita penyakit anemia akan merasa pusing walaupun hanya beraktifitas ringan ini disebabkan karena suplai oksigen yang dilakukan oleh sel darah merah ini berkurang.

2. Merasa lelah.
Apabila rasa lelah berkelanjutan walaupun anda telah cukup beristirahat kemungkinan jumlah sel darah merah yang anda miliki rendah. Kebutuhan energi yang anda perlukan saat beraktifitas sangat dipengaruhi oleh proses oksidasi dan sel-sel darah merah.

3. Pucat pada kelopak mata.
Hal ini sangat mudah dilihat dengan mata telanjang seperti halnya pada saat kita kurang beristirahat, dengan melihat kelopak mata yang terdapat dibagian bawah dan memiliki warna yang pucat.

4. Pucat pada wajah
Penderita anemia biasanya terlihat lesu sehingga tercermin dari wajahnya dimana kelihatan pucat dan tidak bergairah.

5. Mual
Gejala mual ini biasanya menyerang di pagi hari saat anda menderita anemia dimana terjadi saat anda bangun tidur di pagi hari.

Yang utama bahwa asupan yang diperlukan oleh tubuh terpenuhi terutama yang terdiri dari vitamin c, vitamin b12, asam folat serta zat besi.

Berikut adalah beberapa macam makanan yang dapat anda konsumsi dalam tujuan mencegah terjadinya penyakit anemia :

1. Konsumsi asupan yang mengandung vitamin c baik makanan ataupun minuman.
Vitamin c ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi yang digunakan untuk pembentukan sel darah.

2. Konsumsi asupan yang dengan kandungan asam folat tinggi.
asam folat ini bisa anda dapatkan dari segala makanan berbahan dasar gandum, kacang-kacangan, kentang, tomat juga sayuran yang berdaun. Ada baiknya makanan dengan kandungan asam folat disajikan secara mentah dikarenakan kandungan asam folat mudah larut didalam air.

3.Konsumsi asupan yang dengan kandungan vitamin B12.
dengan nama lain kobalamin, vitamin juga memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah serta metabolisme tubuh serta pada sintesa produksi energi dan asam lemak.

4.Konsumsi asupan yang dengan kandungan zat besi.
zat besi inilah yang memiliki keterkaitan langsung dengan dengan persediaan darah yang ada dalam tubuh dan berfungsi mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Check Also

panama geisha

Panama Geisha : Kenapa Menjadi Biji Kopi Termahal di Dunia ?

Bagi anda para penikmat kopi, pernahkah anda bayangkan ada kopi dijual dengan harga 700 Dollar …

SPAL vs Inter

SPAL vs Inter : Mauro Icardi Cetak 2 Gol Bikin Pelatih SPAL Frustasi

SPAL vs Inter : Tim ibukota, Inter Milan berhasil mengalahkan SPAL dengan skor 2-1 pada …

sanitasi

Sanitasi, Sangat Penting Dan Bisa Dimulai Dari Dalam Rumah Tangga

  Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.