Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Wellness / Penyakit Asma, Penyebab dan Bagaimana Cara Penyembuhannya

Penyakit Asma, Penyebab dan Bagaimana Cara Penyembuhannya

Penyakit asma dan gejala nya secara medis merupakan akibat dari penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah sebagai jalur distribusi oksigen ke rongga dada dan paru yang membuat saluran udara menjadi terhambat serta adanya dahak yang meningkat produksinya.

Penyakit Asma dan Gejala

Saluran napas pengidap asma lebih cenderung sensitif dan mudah terkena radang, saluran napas ini memiliki bentuk kecil yang memiliki fungsi sebagai pembawa udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru.

Penderita asma yang akut sebaiknya dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, serangan asma ini bisa membahayakan penderita walaupun sangat jarang terjadi. Dan jika penyakit ini diderita dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan efek penyempitan yang permanen pada saluran napas.

Apabila penyakit asma ini diderita oleh anak-anak, gejala asma bisa hilang disaat anak-anak mulai tumbuh dewasa. Namun rata-rata seseorang yang memiliki riwayat asma maka akan cenderung kambuh lagi.

Orang atau inidividu yang terjangkit oleh asma memiliki 2 faktor penyebab yaitu faktor keturunan dan lingkungan. Kedua faktor inilah yang juga dijadikan acuan terhadap diagnosa awal apakah anda terjangkit penyakit asma atau tidak serta hasil dari respon terapi dalam rentang waktu tertentu.

Penyakit asma bisa diderita oleh siapapun tanpa batasan umur baik pria maupun wanita, jika orang tua memiliki riwayat menderita asma maka kemungkinan besar anak akan terjangkit penyakit asma dengan resiko 2x lebih besar.

Secara garis besarnya ada beberapa gejala maupun keluhan dari penderita penyakit asma ini seperti:
– Gangguan pernafasan atau sesak nafas. Sesak nafas adalah gejala yang paling mudah dilihat saat seseorang mengalami asma.
– Saat bernafas terasa berat , tersendat-sendat disertai batuk serta hidung tersumbat.
– Dada terasa berat serta timbulnya suara pada saat penderita asma bernafas.
– Adanya rasa cemas dan panik akibat masalah kecil yang terlalu dipikirkan.
– Batuk yang tak kunjung berhenti dalam rentang waktu yang lama.
Faktor pemicu penyakit asma pada tiap-tiap individu berbeda-beda, dan bila anda telah mengetahui faktor pemicu asma anda maka usahakan untuk menghindarinya. Faktor pemicu penyakit asma seperti:
– Adanya infeksi pada paru-paru yang diakibatkan oleh virus flu ataupun demam tinggi.
– Penggunaan obat antibiotik untuk meredakan sakit seperti ibuprofen.
– Makanan dan minuman yang menggunakan pengawet makanan ataupun hidangan yang disajikan setengah matang
– Situasi ruangan lembab yang dapat menimbulkan jamur serta bahan kimia yang digunakan pada lantai ataupun karpet di rumah anda.
– Olahraga walaupun sehat namun belum tentu sehat pada penderita asma sebab dengan olahraga kadang bisa membuat penyakit asma menjadi lebih parah, disarankan untuk penderita asma untuk memilih olahraga yang tepat.
– Faktor emotional akibat tekanan batin yang menimbulkan stres
– Alergi pada bulu hewan terutama hewan anjing dan kucing. Apabila anda pemelihara satwa agar menggunakan masker hidung saat melakukan kontak dengan satwa peliharaan anda.
– faktor cuaca, cuaca panas maupun dingin yang berlebih.
– Adanya penyakit bronchitis.
Untuk benar-benar sembuh dari penyakit asma ini maka anda harus benar-benar mengetahui pemicu awal timbulnya asma ini, namun jika anda merupakan mantan penderita asma untuk mencegah hal itu terjadi kembali lagi maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan seperti :
– Berolahraga yang teratur, pilihlah olahraga raga yang ringan dulu seperti jogging atau jalan kaki dengan waktu yang pendek apabila anda telah merasakan kondisi anda menjadi lebih baik maka dapat mencoba olahraga yang lebih berat dengan waktu yang lebih lama.
– Berusahalah untuk selalu menjaga kebersihan rumah anda dari debu dan buat tempat anda senyaman mungkin tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.
– Gunakanlah masker saat anda berkendara roda dua untuk menghindari polusi udara dan debu di jalan.
– Beristirahatlah yang cukup.
– Mengkonsumsi obat-obatan herbal baik yang beli ataupun ramuan yang anda buat sendiri.
– Gunakanlah inhaler sebagai pereda serangan asma sesuai dengan petunjuk dokter anda

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.