Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Business / Ekonomi Di Jerman, Pertumbuhanya Alami Penurunan pada Kuartal III

Ekonomi Di Jerman, Pertumbuhanya Alami Penurunan pada Kuartal III

Pertumbuhan ekonomi di jerman alami penurunan pada kuartal ketiga ini, melebihi perkiraan para analisis ekonomi. Data resmi inin ditunjukkan pada selasa ini, namun analisis ekonomi mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi ini akan mengalami peningkatan di akhir tahun.

ekonomi di jerman

Produk domestik bruto tumbuh sebesar 0,2 % dibandingkan dengan kuartal kedua, menyesuaikan dengan efek harga musiman serta kalender menurut kantor statistik federal Destatis dalam angka sementara.

Survey yang dilakukan oleh Falset meramalkan adanya kenaikan pertumbuhan ekonomi sebesar 0.3 % pada bulan juli dan september setelah naik 0,4 % di kuartal kedua dan naik 0,7 % di kuartal pertama.

Pertumbuhan ekonomi di jerman didominasi oleh kebutuhan domestik terutama dalam pembelian perumahan serta belanja domestik. Sementara komoditi ekspor jerman yang menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi jerman menurun secara perlahan sebanding dengan import barang yang menunjukkan sedikit kenaikan.

Menurut survey daya beli masyarakat jerman menunjukkan tren positif sebagai indikator aktivitas masa depan pada bulan oktober. Pada sisi bisnis timbul kepercayaan pada 2 tahun tertinggi pendapatan jerman bahwa pertumbuhan ekonomi di jerman akan naik pada akhir tahun ini.

Kebutuhan swasta diperkirakan akan tetap kuat seperti diawal tahun, sementara indikator eksport jerman mengalami lonjakan baru menurut analis bank deka.

Bundes Bank sebagai bank sentral mengharapkan ekonomi jerman tubuh di kisaran 1,7 % selama setahun ini sementara pemerintah federal lebih optimis dengan pertumbuhan di angka 1,8 %.

Pengamat juga melihat kepercayaan bisnis pada bulan november ini dan bagaimana kemenangan Donald Trump sebagai presiden Amerika ke 45 sangat mempengaruhi ekonomi jerman secara menyeluruh. Dengan kampanye retorika Trump yang anti perdagangan bisa memberi sinyal baru pada bisnis di jerman.  Negara Jerman melakukan ekspor lebih banyak ke Amerika daripada negara lain dengan total mencapai lebih dari 114 juta euro atau 123 juta dolar amerika.

Dengan kebijakan baru yang akan diambil oleh Presiden Donald Trump yang lebih menitik beratkan pada produk dalam negeri Amerika akan memiliki dampak kurang baik terhadap perdagangan. Namun disisi lain Ekonomi jerman akan mendapat keuntungan dari kebijakan Trump dengan pemotongan pajak serta peningkatan pembangunan infrastruktur untuk mempercepat peningkatan ekonomi amerika.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.