Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / India Siaga Satu Akibat Polusi Udara Terparah Dalam 1 Dekade Ini

India Siaga Satu Akibat Polusi Udara Terparah Dalam 1 Dekade Ini

Pemerintah India mengumumkan situasi darurat akibat polusi udara yang melanda ibu kota pada minggu kemarin. Ini dibutkikan dari para pengguna media sosial yang mengunggah foto mereka dengan latar belakang yang buram serta jarak pandang terbatas. Melalui juru bicara kepresidenan, pemerintah India telah mengambil langkah tegas untuk memerangi peristiwa ini. Langkah tegas diantaranya menghentikan seluruh kegiatan proyek konstruksi selama 5 hari, serta penyiraman diseluruh jalan utama Delhi untuk mengurangi debu.

Polusi Udara India

 

Pemerintah juga menyarankan warga untuk sementara tidak bepergian dan tinggal dirumah. Langkah lainnya dengan mengerahkan seluruh pasukan pemadam kebakaran untuk menjinakkan kebakaran di wilayah sumber kebakaran serta menutup semua pembangkit listrik batubara selama 5 hari. Sekitar 1500 sekolah juga meliburkan seluruh muridnya akibat parahnya polusi udara ini.

Asap ini muncul sekitar dinihari dan membawa partikel berbahaya serta membahayakan organ paru-paru. Menurut badan kesehatan dunia(WHO) bahwa polusi yang terjadi di india ini melebihi 15 kali ambang batas normal.

Hal itu membuat penduduk kota harus menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah. Ratusan penduduk kota New Delhi juga melakukan aksi damai menuntut pemerintah segera mengatasi polusi udara ini di Monumen Jantar. Dan banyak yang mengungkapkan kekesalannya melalui sosial media.

Peristiwa polusi ini diawali saat festival Diwali dimana dalam perayaan itu berselebrasi dengan menggunakan kembang api yang ditembakkan dan membumbung tinggi ke udara.

Selama musim dingin semakin diperparah akibat pembakaran barang-bekas maupun sampah oleh para tunawisma sebagai upaya menghangatkan diri mereka dari dingin yang melanda.

Peningkatan polusi udara di kota Delhi selama ini telah menjadi perhatian serius pemerintah daerah maupun nasional. Sebab mereka tidak ingin kota Delhi mendapat julukan kota paling tercemar dunia.

Pemerintah India sebenarnya telah melakukan berbagai cara/skema untuk mengurangi polusi yang ada di Kota Delhi bersama para ahli lingkungan. Salah satunya dengan mengurangi jumlah kendaaran yang berbahan bakar diesel serta melakuka pengaturan jadwal kendaraan melalui ganjil genap no kendaraan.

Polusi udara ini menjadi penyebab utama kematian dini dan WHO memcatat bahwa ada sekitar 620 ribu jiwa pada setiap tahunnya menderita penyakit akibat polusi udara ini.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.