Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Presiden Colombia Juan Manuel Santos Terima Nobel Perdamaian

Presiden Colombia Juan Manuel Santos Terima Nobel Perdamaian

Presiden Colombia Juan Manuel Santos mendapatkan penghargaan nobel perdamaian 2016 atas hasil kerja kerasnya untuk mengakhiri perang saudara yang sangat panjang antara pemerintah dengan pemberontak FARC.

Presiden Colombia Menerima Nobel Perdamaian 2016

Komite Nobel mengumumkan di oslo norwegia pada hari jumat lalu, lima hari setelah pemilih di Kolombia menolak perjanjian damai yang telah diupayakan bertahun-tahun oleh pemerintah.

Dalam kutipan yang dibacakan oleh komite nobel menyatakan bahwa upaya tegasnya untuk mengakhiri perang saudara yang telah berlangsung selama lebih dari 50 tahun yang telah menyebabkan 220,000 penduduk Kolombia tewas serta 6 juta penduduknya mengungsi ke negara tetangga.

Sebagai tambahan bahwa penghargaan ini sebagai penghormatan kepada rakyat Kolombia yang berada dalam kehidupan yang berat serta dibawah garis kemiskinan akibat perang namun tetap memiliki harapan untuk perdamaian dan untuk semua partai yang berkontribusi dalam proses perdamaian di negara ini.

Saat menerima penghargaan tersebut presiden santos berpidato ” Atas nama seluruh rakyat Kolombia, terutama yang menjadi korban perang saudara dan menderita hampir lebih dari 50 tahun”

Pemerintahan Presiden Colombia Santos telah melakukan negosiasi selama 4 tahun dengan pemberontak FARC untuk menghentikan perang yang telah berlangsung selam 5 dasawarsa.

Namun penolakan yang dilakukan oleh pemberontak minggu kemarin mengejutkan presiden santos yang popularitasnya menurun dengan perjanjian tersebut. Para politisi mengkritik bahwa hukuman yang dikenakan kepada para pemberontak tersebut kurang menimbulkan efek jera.

Gencatan Senjata yang telah disepakati antara pemberontak FARC dengan pemerintah Kolombia akan berakhir pada bulan oktober tahun ini. Presiden beserta kabinetnya mengerjakan ulang kesepakatan dan berharap dengan kesepakatan baru ini mampu menghasilkan solusi bagi perdamaian kolombia.

Saat ini Para pemimpin dunia akan menfasilitasi perjanjian antara pemberontak FARC dengan pemerintahan Presiden Santos dan menyusun rancangan perdamaian yang dapat diterima baik oleh korban pembunuhan, pemerasan dan penculikan.

Nobel komite menerangkan bahwa hasil perjanjian perdamaian tidak sesuai dengan harapan presiden santos namun ia sangat berperan dalam memastikan bahwa pemilih kolombia mampu menyuarakan pendapat mereka mengenai referendum perjanjian damai ini.

Pemimpin pemberontak FARC Timoleon Jimenez juga telah mengucapkan selamat kepad Presiden Kolombia Santos melalui akun tweeternya.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.