Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Nasional / Pemerintah Akan Menunjuk PT Inalum Untuk Mengelola PT Freeport Jika Menang dalam Sidang Arbitrasi

Pemerintah Akan Menunjuk PT Inalum Untuk Mengelola PT Freeport Jika Menang dalam Sidang Arbitrasi

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan kemarin menyampaikan bahwa pemerintah berencana mengambil alih pengelolaan PT Freeport Indonesia jika menang pada pengadilan arbitrasi. Untuk itu pemerintah menunjuk PT Inalum(Indonesia Asahan Aluminium).

PT Inalum

Menurutnya, PT Inalum memiliki kapasitas untuk mengelola manajemen pertambangan emas terbesar di dunia, yang bergerak di bidang peleburan aluminium di asahan, Sumatra Utara.  Ia lebih lanjut menekankan bahwa perusahaan telah siap memimpin perusahaan pertambangan di bawah perusahaan BUMN pertambangan.

Sampai saat ini, pemerintah masih terus melakukan negosiasi dengan PT Freeport Indonesia untuk mengubah kerjasama kontrak kerja menjadi Ijin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Sementara itu, CEO PT Freeport-McMoran, Richard Adkerson, induk perusahaan PT Freeport Indonesia telah memberi batas waktu selama empat bulan kepada pemerintah Indonesia untuk tetap mematuhi kontrak kerja tersebut. Jika sampai batas waktu tersebut menemui jalan buntu, PT Freeport akan membawa masalah ini ke pengadilan arbitrase Internasional.

Menurut Adkerson, pemerintah telah melanggar kontrak kerja yang ditandatangani pada 1991 pada pasal 4/20/09 mengenai mineral dan pertambangan batubara.

PT Inalum didirikan oleh pemerintah Indonesia dengan bekerjasama dengan perusahaan asal jepang Asahan Aluminium Co. pada tahun 1976.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.