Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Setelah Menderita Sakit Lama, Raja Bhumibol Adulyadej Meninggal

Setelah Menderita Sakit Lama, Raja Bhumibol Adulyadej Meninggal

Thailand – Berita duka datang dari negeri gajah putih, Raja Bhumibol Adulyadej meninggal pada usia 88 tahun di rumah sakit siriraj, Bangkok Thailand. Raja Thailand ini pemegang tahta terlama dalam sistem monarki di dunia. Raja yang telah berusia 88 tahun ini sangat dihormati sangat luas oleh rakyat thailand serta dunia, mengalami kondisi kesehatan yang buruk belakangan ini dan jarang sekali muncul dihadapan rakyatnya. Dan Putra Mahkota Raja, Maha Vajiralongkorn akan menggantikan posisi ayahhandanya.

Raja Bhumibol Adulyadej Meninggal di Usia 88

Setelah selama 2 hari banyak spekulasi serta isu yang berkembang mengenai kesehatan raja, pihak istana kerajaan thailand akhirnya mengkonfirmasikan meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej pada sore hari waktu setempat.

Dalam siaran TV nasional, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-ocha menyampaikan Thailand akan melaksanakan masa berkabung selama satu tahun dan mengibarkan bendera setengah tiang serta semua tempat hiburan atau acara berhubungan dengan pesta dan sejenisnya akan dihentikan selama 1 bulan. “Keamanan selama masa berkabung ini menjadi prioritas utama” tambahnya.

Kematian Raja Bhumibol masih dibawah kekuasaan militer yang melakukan kudeta 2014 lalu.

Juru bicara istana kerajaan saat berbicara didepan kerumunan wartawan media cetak dan televisi menyampaikan bahwa jenazah aakan dibawa ke kuil budha emerald pada hari jumat.

Raja Bhumibol sangat dihormati oleh seluruh rakyat thailand dan dianggap oleh banyak orang sebagai titisan Tuhan. Ratusan ribu pelayat berkumpul di depan rumah sakit Siriraj, tempat Raja meninggal, sangat berduka dengan berita kematian itu. Banyak pelayat membawa foto dari Raja Bhumibol serta berbaju kuninga atu merah muda sebagai penghormatan kepada raja.

Selama di rumah sakit pendukung Raja menyanyikan lagu kerajaan dan memanjatkan doa untuk Raja.

Namun saat menjelang sore suasana berubah, Dengan seluruh anak serta cucu Raja berada disisi tempat tidur raja, rumor yang beredar bahwa Raja Bhumibol telah meninggal dunia. Tangisan para pendukung raja mulai terlihat dan diantara nyanyian ” God Save The King”, mereka berteriak dengan kesedihan mendalam.

Meski Perdana Menteri telah mengatakan bahwa Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn akan menjadi Raja baru namun pengumuman resminya akan diumumkan beberapa hari kemudian.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.