Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Ribuan Pengungsi Tinggalkan Aleppo Bersamaan Penarikan Pasukan Pemberontak

Ribuan Pengungsi Tinggalkan Aleppo Bersamaan Penarikan Pasukan Pemberontak

Ribuan pengungsi sipil dan pasukan pemberontak beramai-ramai tinggal kota Aleppo, Suriah pada hari kamis kemarin. Evakuasi besar-besaran ini terjadi setelah adanya kesepakatan atas rezim Suriah diberi kekuasaan penuh untuk mengontrol setelah beberapa tahun terjadi perang saudara.

pengungsi aleppo

Pengungsian dan penarikan ini terjadi setelah militer pemerintah Suriah melakukan serangan bersenjata besar-besaran untuk mengambil alih kota Aleppo.

Evakuasi ini sebenarnya telah dilakukan pada pagi hari rabu waktu setempat namun gagal akibat masih terjadi baku tembak dengan menggunakan artileri yang sangat berbahaya bagi penduduk.

baca juga:
Uni Eropa berencana berikan sanksi atas serangan Rusia ke wilayah Suriah.

Sementara itu Menteri Luar Negeri AS, John Kerry memperingatkan pemerintah Suriah, bahwa masih ada ribuan penduduk yang terjebak dalam keadaan perang tersebut.

Menurut jubir palang merah internasional mengatakan bahwa ada sekitar 3000 orang pengungsi  dan lebih dari 40 orang terluka termasuk anak-anak yang mengungsi sampai saat ini.

Pengungsian ini dimulai dengan konvoi beberapa ambulan serta bis yang berlalu lalang dan membawa korban serta pengungsi ke tempat pengungsian yang berada di wilayah selatan Aleppo.

Wakil PBB atas konflik ini, Staffan de Mistura di Paris mengatakan bahwa masih sekitar 50 ribu jiwa yang masih terperangkap dalam suasana konlik perang saudara.

Televisi nasional Suriah juga memberitakan bahwa lebih dari 4 ribu pemberontak beserta keluarga akan segera diungsikan.

Serangan besar-besaran ini dilakukan rezim Suriah dengan bantuan pasukan luar negeri termasuk pasukan hezbollah lebanon, yang dilakukan pada awal bulan ini berhasil memukul mundur pasukan pemberontak dan membuat mereka terpojok atas kota yang dikuasainya sejak 2012.

Lebih dari 310 ribu jiwa telah terbunuh sejak pecahnya perang Suriah tahun 2011 ini ,sebagai protes atas anti pemerintah yang berkuasa saat itu. Hampir setengah populasi penduduk suriah terlantar dan jutaaan orang menjadi pengungsi akibat konflik ini.

Beberapa perundingan dalam rangka perdamaian telah dilakukan oleh Perserikatan Bangsa di Geneva,Swiss berujung pada kegagalan. Dan hal ini berubah sejak Rusia melakukan serangan udara sebagai bentuk bantuan kepada pemerintahan Assad yang berkuasa.

Setelah Aleppo lepas dari tangan pemberontak, masih ada satu lagi yang tersisa yaitu wilayah propinsi Idlib yang dikuasai pemberontak yang dipimpin oleh mantan afiliasi Al-qaeda, Fatah al-sham.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.