Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Wellness / Sanitasi, Sangat Penting Dan Bisa Dimulai Dari Dalam Rumah Tangga

Sanitasi, Sangat Penting Dan Bisa Dimulai Dari Dalam Rumah Tangga

 

sanitasi
Sanitasi, Sangat Penting Dan Bisa Dimulai Dari Dalam Rumah Tangga

Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Kebutuhan rumah tangga yang kian lama kian menunmpuk , seperti sandang pangan papan tapi sering kita melupakan bahwa sebuah rumah tangga juga memerlukan kebutuhan sanitasi yang layak.

Dan sesuai dengan apa yang disarankan para ahli kesehatan, banyak kampanye yang menyuarakan tentang pentingnya kebersihan bagi kehidupan rumah tangga.Mengapa hal tersebut bisa terjadi ?, penyebabnya mungkin ada banyak dari kesadaran diri.

Menurut para ahli kesehatan masyarakat dapat diartikan sebagai upaya seseorang atau kelompok masyarakat untuk menjaga faktor – faktor lingkungan agar tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Sanitasi meliputi penyediaan air bersih, jamban keluarga dan pengelolaan sampah atau limbah yang baik., dan disiplin ini harus mulai diperkenalkan  semenjak dini agar terbiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut data kementrian kordinator bidang kesehatan Negara juga bisa merugi akibat sanitasi yang buruk. dampak buruk yang jelas muncul adalah timbulnya penyakit terutama diare, kulit bahkan gejala penyakit yang akut

Kenapa hal ini bisa menjadi sedemikian rupa,menurut LSM kesehatan water and sanitation hygiene (WASH) plan.

Mengatakan kerugian ini terjadi sebagai akibat biaya penghilangan kontaminasi tanah dan air, serta biaya pengobatan karena sanitasi yang buruk.

Menurutnya akibat sanitasi di Indonesia sekitar 150 ribu anak Indonesia meninggal akibat diare.

Dan juga penjelasan lain berkaitan dengan perilaku buruk masyarakat Indonesia yang membuang air sembarangan, meskipun sudah banyak dibangun jamban atau toilet di berbagai daerah, jumlah tersebut belum banyak berkurang.

Hal ini disebabkan karena perilaku masyarakat yang sulit dirubah.

Pendekatan- pendekatan kini yang sudah menghabiskan biaya triliunan rupiah ternyata belum bisa merubah perilaku masayarakat.

Jadi pemerintah harus menemukan alternative dan strategi lain agar bisa merubah perilaku masyarakat.

Nah jadi jangan sepelekan pentingnya sanitasi dalam rumah tangga dan budaya bersih lingkungan juga membantu Negara menghemat dana triliyunan rupiah, biasanya dana tersebut disalurkan untuk perbaikan kesehatan, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati.

Check Also

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

watford vs man united

Watford Vs Man United, Gol Lukaku Dan Smalling Hentikan Tren Hornets

Tren kemenangan Watford terhenti pada pertandingan pekan kelima Premier League – kasta teratas Liga Inggris, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.