Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Serangan NATO Tewaskan 30 Warga Afghanistan di Kunduz

Serangan NATO Tewaskan 30 Warga Afghanistan di Kunduz

Afghanistan kembali berduka akibat serangan NATO yang setidaknya menewaskan 30 orang termasuk wanita dan anak-anak. Serangan udara ini terjadi pada hari kamis di wilayah selatan propinsi kunduz. Serangan yang terjadi pada pagi hari ini terjadi setelah terjadi baku tembak,  menewaskan dua tentara amerika dan tiga tentara afghanistan. Serangan ini menjadi lanjutan operasi Anti Taliban di wilayah kunduz.

Serangan nato

Tidak jelas apakah kedua insiden berhubungan sebagai serangan balasan terhadap taliban. Namun ketegangan yang meningkat ini terjadi setelah pasukan taliban menguasai kembali kota Kunduz  untuk kedua kalinya di tahun ini.

Juru bicara pemerintahan di kunduz, Mahmood Danish mengatakan “Pasukan afghanistan serta koalisi bergabung untuk operasi militer melawan pemberontak taliban. Dalam serangan bom itu 30 warga sipil Afghanistan tewas dan 25 lainnya terluka”.

“Korban yang tewas temasuk anak-anak kecil yang baru berumur 3 bulan serta beberapa yang lainnya”,tambahnya. Mereka tewas dalam keadaan tidur saat pasukan gabungan melakukan penyerangan.

Pemerintah afghanistan pada jumat lalu mengumumkan telah menduduki kembali wilayah kunduz namun pihak Taliban menolak dan mengatakan telah mengambil alih kembali wilayah itu.

Sanksi mata mengatakan bahwa melihat pemberontak taliban ada yang nampak dijalan dan ada juga yang bersembunyi dirumah penduduk. Serangan Nato ini juga menghantam salah rumah sakit tempat penampungan para korban akibat perang ini.

Pemimpin Taliban Mullah Akhtar Mansour mengungkapkan bahwa pengambil alihan wilayah kunduz ini sebagai simbol kemenangan.

Pada pernyataannya di akun twitternya, NATO bertanggung jawab atas terjadinya serangan udara tersebut. Serangan udara ini dilakukan untuk melindungi pasukan koalisi dari serangan pemberontak taliban.

Akibat kejadian ini membuat geram penduduk wilayah kunduz, puluhan keluarga yang salah satu keluarganya menjadi korban dengan membawa jenazah kerabatnya menuju luar kantor gubernur.

“Saya sangat sedih, saya telah kehilangan tujuh anggota keluarga. Saya ingin tahu mengapa anak kecil yng tidak bersalah ini menjadi korban ? dan apakah mereka termasuk kelompok taliban?”, ujar salah satu kerabat korban.

WIlayah kunduz sendiri memiliki populasi penduduk sekitar 300 ribu jiwa dan salah kota terbesar di afghanistan, Secara strategis wilayah kunduz ini adalah sebagai jalur transportasi untuk pendistribusian makanan untuk daerah sekitarnya.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.