Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Serangan Udara Koalisi Saudi Menambah Parah Perang Yaman

Serangan Udara Koalisi Saudi Menambah Parah Perang Yaman

Koalisasi yang dipimpin oleh Arab Saudi melakukan serangan udara sebuah pemakaman di Ibukota Yaman sanaa, pada hari Sabtu kemarin. Hal ini menambah parah perang yaman, serta menewaskan 82 orang dan mencegah mencederai 534 orang yang disampaikan oleh menteri kesehatan sementara Yaman Gashi Ismail pada wartawan di acara konferensi pers pada Sabtu malam.

Perang yaman

 

Kasih Ismail secara tegas mengutuk serangan tersebut sebagai serangan udara biadab yang menewaskan warga sipil serta menjadikan warga sipil menjadi target.

Sementara itu pimpinan houti bekas partai presiden Ali Abdullah Saleh menyerukan kepada warga sipil untuk turun ke jalan di hari Minggu sebagai protes atas koalisasi Saudi Arabia yang melakukan serangan udara terhadap warga sipil di Yaman.

Departemen Kesehatan Yaman mengimbau para warga untuk segera ke rumah sakit mendonorkan darahnya kepada korban dan membantu korban yang cedera.

Para saksi mata melihat serangan udara yang dipimpin oleh koalisi  Saudi menghantam sebuah acara berkabung di sanaa. Dimana pemakaman itu diselenggarakan bagi ayah menteri dalam negeri sementara yaman yang juga adalah seorang loyalis pemberontak houti Jalal Al-Ruwaishan.

Dua serangan udara yang pertama menghantam sekitaran gedung pemakaman dan membuat para pelayat lari keluar menyelamatkan diri. Dan pada serangan udara ketiga tepat mengenai gedung pemakaman itu.

Beberapa saksi melihat bahwa pejabat senior dari kelompok houti serta sekutu mantan presiden Ali Abdullah Saleh berada di dalam gedung.

Jalan menuju gedung pemakaman itu ditutup, jurnalis serta kameraman dilarang mendekati wilayah itu.

Ada dua kelompok yang bertikai dalam perang yaman, Kelompok houtis yang didukung oleh pasukan yang setia kepada presiden saleh menyerang sanaa pada september 2014 untuk melawan pemerintahan hadi yang melakukan korupsi. Mereka telah menaklukkan kota sanaa serta beberapa bagian negara disebelah utara dan memaksa hadi bersama pengikutnya mengasingkan diri.

Koalisi saudi melakukan kampanye militer udara melawan kelompok houthis serta pasukan presiden saleh pada maret 2015 untuk mengembalikan kekuasaan hadi dan merebut kembali ibukota sanaa.

Serangan koalisi udara serta pertempuran darat ini telah menewaskan lebih dari 10,000 warga sipil yaman terutama wanita dan anak-anak dan mencederai lebih 35,000 orang dan 3 juta orang mengungsi untuk menyelamatkan diri.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.