Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Entepreneur / SoftBank Jepang dan Badan Ekonomi Saudi Kucurkan Dana 100 Milyar

SoftBank Jepang dan Badan Ekonomi Saudi Kucurkan Dana 100 Milyar

Saudi Arabia dan Venture Capital Softbank jepang akan bekerjasama dalam pendanaan startup teknologi khususnya dengan total dana 100 milyar dolar. Tujuannya untuk menjadi pemodal ekuitas swasta terbesar didunia.

Rencana ini merupakan langkah yang ditempuh saudi arabia akibat kondisi perekonomian saudi. Dimana minyak sebagai penyumbang devisa terbesar saudi arabia mengalami penurunan harga yang dramatis, serta perubahan kebijakan untuk melakukan investasi diluar industri minyak.

SoftBank Jepang

 

Pendiri SoftBank jepang sekaligus pimpinan Masayoshi Son, telah membangun Softbank yang telah berinvestasi di awal 50 ribu dolar kini telah menjadi 68 milyar dolar pada bidang teknologi dan telekomunikasi.

Saudi Arabia sebagai negara kaya bersama Softbank jepang akan menjadi partner dalam investasi, dimana saudi siap mengucurkan dans 45 milyar dolar dalam kurun waktu 5 tahun serta softbank dengan dana 25 milyar dolar

Beberapa investor besar juga dalam tahap pembicaraan untuk berpartisipasi dalam ventura ini dan membuat total dana yang terkumpul lebih dari 100 milyar dolar.

Masayoshi juga mengatakan ” Dengan dana sebesar ini serta visi kami yang jelas, kami lebih mampu berinvestasi pada perusahaan teknologi secara global. Dan untuk 10 tahun kedepan Softbank akan menjadi investor terbesar dalam sektor teknologi. Seluruh dana tersebut akan dikelola melalui anak perusahaan Softbank di Inggris.

Putra Mahkota Kerajaan Saudi Arabia Mohammed bin Salman akan memimpin arah kebijakan investasi kerajaan. Serta bersiap berinvestasi pada perusahaan kelas dunia dalam sektor teknologi dan telekomunikasi.

PIF didirikan pada tahun 1971 sebagai badan investasi pubik saudi arabia, telah mengucurkan dana ke luar negeri sebesar 160 milyar dolar menjadi 2 triliun dolar dan menjadikannya sebagai badan investasi dengan dana tak terbatas tebesar.

Pada bulan juni lalu, melalui PIF(Badan Investasi Saudi Arabia) telah berencana meninggalkan strategi tradisional Saudi Arabia untuk investasi beresiko rendah dengan mengambil langkah membeli saham sebesar 3.5 milyar dolar dari uber pada bursa amerika.

Dengan kerjasama ini menunjukkan akan harapan Saudi Arabia dengan investasi ini untuk meningkatkan perekonomian negara. Uber sangat populer serta menjadi favorit wanita Saudi yang dilarang mengemudi dan menciptakan lapangan pekerjaan diluar industri minyak.

Softbank Teknologi dan Telekomunikasi memiliki portfolio investasi yang tidak kalah besarnya mulai perusahaan US Carrier Sprint serta kepimilikan saham di E-commerce Alibaba.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.