Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Tech / Toko Online Amazon Akan Akuisisi Situs Retail Terbesar Di TimTeng Ini

Toko Online Amazon Akan Akuisisi Situs Retail Terbesar Di TimTeng Ini

Menurut laporan dari Bloomberg, Toko online amazon sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi situs retail terbesar souq.com dengan nilai 1 milyar dolar. Pembelian ini dilakukan oleh amazon inc sebagai bagian dari rencana besar untuk menguasai pasar timur tengah. Souq sendiri berbasis di dubai, uni emirat arab. Penawaran ini dilakukan saat situs retail ini berencana menjual 30% sahamnya.

image by souq.com
image by souq.com

Juru bicara perusahaan  menolak memberikan penjelasan mengenai rencana pembelian ini serta mengatakan sampai saat ini kami belum menerima email maupun penawaran dari amazon inc. Untuk penjualan saham ini, souq menunjuk Goldman Sach Group Inc sebagai perantara untuk mencarikan investor yang ingin membeli saham mereka. Saat ini hanya ada 2 investor yang mendanai situs ini diantaranya Tiger Global Management dan South Africa Napster Ltd, yang menjuga berencana menjual sahamnya di souq.com.

Toko Online Amazon sampai saat ini belum memberikan informasi atas pembelian situs souq.com

Situs retail dubai ini telah menjual lebih dari 1,5 juta produk  secara online di saudi arabia, Mesir, serta uni emirat arab sendiri. Menurut informasi, situs ini mendapat suntikan dana dari kedua investor dengan total 275 juta dolar amerika. CEO situs ini, Ronaldo Mauchawar saat diwawancarai mengatakan bahwa ia memang berencana menjual sebagian sahamnya di masa yang akan datang.

Dikutip dari Wikipedia, Mauchawar lahir di Alepo,syria dengan latar belakang lulusan Master di bidang teknologi komputer dari Northeastern University di Boston, Massachuset. Selain sebagai pendiri serta CEO dari situs retail ini, ia juga pimpinan dari perusahaan Jabbar Internet Group yang bergerak di bidang investasi pada teknologi informasi serta startup baru.

Toko Online Amazon sendiri merupakan toko online terbesar di dunia dengan layanan di Asia, Eropa, Amerika utara, Oceania dan Amerika Selatan.

Adanya penjualan saham ini dilakukan untuk memberikan tambahan dana bagi pengembangan situs Souq.com dimana pada tahun ini, mengalami pertumbuhan 30 s/d 40% dalam 1 tahun ini diseluruh negara yang ada di teluk arab serta 50% di saudi arabia. Dengan perhitungan kalkulasi dari pertumbuhan jumlah transaksi serta suntikan dana dari para pemodal ventura, total valuasi situs souq ini mencapai 1 milyar dolar.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.