Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / News / Internasional / Topan Besar Haima Mengancam Wilayah Filipina serta Hongkong

Topan Besar Haima Mengancam Wilayah Filipina serta Hongkong

Pemerintah Filipina telah membatalkan seluruh jadwal penerbangan, meliburkan sekolah dan mempersiapkan stok bahan pangan sebelum topan besar haima sampai ke daratan pada hari kamis pagi. Topan haima adalah topan dalam kategori 5 yang memiliki kecepatan angin sebesar 145 knot atau 268,5 kilometer per jam dan bisa menyentuh kecepatan di 175 knots, berdasarkan jurnal dari angkatan laut serta udara amerika yang bergabung dalam typhoon warnign center. Topan besar haima ini akan mencapai daratan  di sebelah utara provinsi Cagayan, menurut Biro Cuaca Filipina.

Topan Besar Haima

Empat penerbangan dengan penerbangan jam 9 pagi lokal telah dibatalkan waktu manila, menurut pihak berwenang bandara. Kelas sekolah diliburkan di provinsi isabela.

Sementara itu, lebih dari 1,28 milayar makanan dan kebutuhan lainnya telah disiapkan oleh badan penanggulangan bencana. Ancaman badai typhoon telah diberitakan kepada lebih dari 20 wilayah termasuk ibukota Manila.

Haima, merupakan badai topan kedua yang melanda filipina khususnya pada Pulau Luzon dalam seminggu, yang mungkin memiliki damapak kemanusiaan yang tinggi dan dapat mempengaruhi 11,6 juta penduduk menurut Badan PBB urusan Bencana global dan sistem koordinasi. Haima diambil dari nama kuda laut di cina.

Badai dengan kategori 5 ini,adalah kombinasi hembusan angin yang sangat kuat serta curah hujan yang tinggi dan menyebabkan pohon tumbang serta pemadaman listrik secara luas, dapat kembali hidup setelah badai ini berlalu.

Hampir setiap tahunnya wilayah dihantam oleh topan besar rata-rata 20 kali yang datangnya dari lautan pasifik. Filipina adalah negara yang paling rentan dengan adanya perubahan cuaca, berdasarkan analis resiko perusahaan Verisk Maplecroft.

Super typhon haiyan, adalah salah satu badai terdahsyat di dunia yang menghantam wilayah filipina, lebih dari 6000 orang terbunuh pada november 2013 lalu serta lebih dari 1000 orang dinyatakan hilang.

Topan besar Haima akan tetap menjadi badai perusak sistem iklim tropis saat akan mendekati wilayah cina dan menimbulkan dampak pada wilayah hongkong, menurut Accuweather. Badai diperkirakan akan mencapai bagian utara dari laut cina selatan pada kamis, dan mendekati daerah pantai wilayah guandong pada 21 oktober, menurut badan observatory hongkong.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.