Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Tech / Transportasi Hyperloop Pertama Antara Dubai dan Abu Dhabi

Transportasi Hyperloop Pertama Antara Dubai dan Abu Dhabi

Konsep Transportasi Hyperloop milik perusahaan Hyperloop One Inc milik Elon Musk rencananya akan diimplementasikan antara Dubai dan Abu Dhabi. Hyperloop sendiri adalah inovasi dalam bidang transportasi yang memadukan teknologi dengan kecepatan. Sinyal kesepakatan antara perusahaan serta pemerintah Uni Emirat Arab secara samar terkuak pada minggu lalu.

transportasi hyperloop

Belum terdengar berapa biaya yang akan diperlukan untuk pembuatan sistem transportasi ini, namun dilaporkan proyek akan membuat beberapa stasiun antara Abu Dhabi dan Dubai. Transportasi ini tidak hanya akan membawa penumpang untuk bepergian tapi juga barang sebagai jalur pendistribusian.

DP World, Perusahaan negara pengelola pelabuhan juga telah menandatangani kesepakatan dengan hyperloop one untuk menggunakan konsep transportasi tercanggih ini pada wilayah industri di pelabuhan Jebel Ali.

Tantangan Konsep Transportasi Hyperloop

Perusahaan SpaceX pemilik paten konsep transportasi ini, membangun sebuah jalur transportasi dengan panjang lebih dari 1 mil untuk lakukan ujicoba hyperloop ini di daerah gurun california. Juga membangun fasilitas ujicoba di gurun nevada pada musim semi ini dengan jarak 100 yard. Elon Musk sebelumnya juga mengusulkan konsep jalur transportasi hyperloop di wilayah California dimana waktu tempuh antara Los Angeles dan San Fransisco akan ditempuh hanya dalam waktu 30 menit saja. Hyperloop Inc juga pernah mengadakan kontes konsep hyperloop yang dimenangkan oleh Tim Dari Massachuset Institute Of Technology

Mengapa pilihan jatuh pada wilayah Uni Emirat Arab ?

Pemilihan jalur antara Dubai dan Abu Dhabi sebagai proyek pertama implementasi jalur Hyperloop adalah pilihan yang sangat tepat. Sebab Negara Uni Emirat Arab bersedia mengeluarkan dana yang tak terbatas untuk pembangunan jalur transportasi ini. Apabila dilakukan di Amerika sendiri maka akan banyak terjadi gesekan kepentingan antara penguasa sehingga biaya akan lebih besar daripada biaya sebenarnya.

Dari dokumen investasi yang bocor diketahui bahwa Hyperloop Inc telah mengajukan  dana investasi sebesar 250 juta dolar pada para investor untuk pengembangan pada awal tahun depan

Berdasarkan estimasi internal perusahaan dengan hasil kesepakatan ini, Hyperloop Inc mendapat keuntungan besar dari kerjasama ini.

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.