Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Business / Yahoo Bocorkan Jutaan Data Pengguna Email Untuk Intelejen Amerika

Yahoo Bocorkan Jutaan Data Pengguna Email Untuk Intelejen Amerika

Secara diam-diam perusahaan yahoo telah membuat software program yang dapat mendeteksi email yang masuk kepada pengguna emailnya. Dan parahnya data hasil software tersebut digunakan untuk memenuhi permintaan dan ata perintah badan intelegen amerika serikat. Hal itu dikatakan 3 mantan pegawai yahoo serta orang keempat mengetahui kejadian itu.

Yahoo Bocorkan Jutaan Data Pengguna Emailnya Bagi Keperluan Intelejen Amerika

Menurut para pakar ini merupakan kasus yang terjadi pertama kali sebuah perusahaan teknologi menyetujui permintaan badan intelegen agar mengecek email yang masuk dari jutaan penggunanya serta bisa melihat riwayat email yang pernah masuk secara langsung dan real time.

Menurut kedua mantan pegawai yahoo, keputusan CEO yahoo Marissa Mayer untuk mematuhi permintaan itu membuat adanya konflik di level managemen yahoo dan menyebabkan Alex stamos sebagai chief sekuriti informasi keluar dari yahoo dan sekarang menjadi bagian dari top sekuriti di facebook. Menanggapi pertanyaan wartawan juru bicara yahoo mengatakan bahwa perusahaan ini taat hukum.

Perusahaan telekomunikasi dan internet amerika diketahui memiliki jutaan data customer yang telah diserahterimakan kepada badan intelegen amerika. Namun menurut beberapa mantan pegawai agen rahasia maupun swasta belum pernah melihat secara langsung dalam mengintai data email secara real-time.

Dua penyedia layanan email terbesar yaitu google dan microsoft secara terpisah mengatakan “kami tidak pernah melakukan hal itu dan kita tidak pernah menerima permintaan itu dari pemerintah federal. Dan kalaupun ada dengan jelas kami katakan “tidak”. Sebab kami melindungi segala hak yang berhubungan dengan privasi seseorang.

Apple inc juga memiliki pendapat yang sama pada awal tahun 2015 ketika mereka menolak untuk membuat program khusus untuk meng-enkripsi data pengguna iphone. Dan Pihak FBI menggunakan jasa pihak ketiga untuk meng-unlock.

Menurut pengacara serikat buruh amerika menyatakan bahwa tindakan ini sangat mengecewakan karena pelanggan mengandalkan perusahaan teknologi untuk melawan bentuk mata-mata seperti ini.

Beberapa ahli intelegen yang tergabung dalam FISA membela keputusan ini dan mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan itu tidak melanggar hukum kecuali jika ingin kegiatan itu untuk melihat rekening seseorang yang dicurigai.

 

Check Also

Hari Batik Nasional Diperingati Tiap 2 Oktober

Hari Batik Nasional Diperingati Serentak Setiap 2 Oktober

Tahukah anda bahwa 2 oktober diperingati sebagai hari batik nasional ?. Batik merupakan salah satu identitas …

liverpool vs psg

Liverpool Vs PSG : Prediksi Jelang Laga Liga Champions 2018/2019

Prediksi Liverpool Vs PSG jelang laga liga Champions 2018 grup C pada kamis dinihari (20/09/2018) …

Staff Amazon bocorkan data pengguna

Staf amazon dicurigai bocorkan data pengguna

Raksasa E-commerce Amazon sedang menyelidiki kebocoran data penggunanya. Amazon menduga kebocoran data ini dilakukan oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.